KM Sabuk Nusantara 73 Selesai Dibangun, Ini Harapan Menhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub.

VIVA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada akhir 2021, menyelesaikan pembangunan Kapal KM Sabuk Nusantara 73. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat melepas kapal tersebut mengatakan, kapal ini akan semakin melancarkan konektivitas di wilayah timur Indonesia.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Kapal tersebut dilepas ke Pelabuhan Saumlaki, Provinsi Maluku. Kapal ini nantinya akan langsung melayani mobilitas masyarakat dan distribusi logistik di sekitar Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

“Kapal ini adalah kapal perintis yang menjadi bagian dari tol laut, yang akan memastikan konektivitas berjalan dengan baik,” kata dia, Sabtu, 25 Desember 2021.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • Dok. Kemenhub.

Budi mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana transportasi di masa Pandemi COVID-19 ini tetap dilakukan guna melaksanakan visi misi Presiden RI Joko Widodo untuk memperlancar konektivitas Indonesia.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

“Di masa Nataru ini, kapal ini akan melayani mobilitas Saudara-saudara kita di NTT dan Maluku, karena banyak yang akan pulang menggunakan kapal,” ucapnya.

Budi pun mengingatkan, agar di masa libur Nataru, pengetatan prokes harus dijalankan dengan baik, agar tidak terjadi penularan di atas kapal, yang menyebabkan terjadinya peningkatan kasus COVID-19 usai libur Nataru.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Mugen Sartoto menjelaskan, KM. Sabuk Nusantara 73 dengan tipe GT-2000 ini berkapasitas 500 orang. Dikerjakan oleh PT. Dock Koja Bahari di Tanjung Priok, Jakarta.

KM. Sabuk Nusantara 73 akan dioperasikan oleh operator PT. Mandala Sejahtera Abadi, dan akan menempati pelabuhan pangkal di Saumlaki, Maluku, untuk menghubungkan wilayah timur Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya