Mahfud: Natal Tahun Ini Bisa di Gereja, Tahun Lalu Online

Mahfud MD di gereja Surabaya
Sumber :
  • Instagram @mahfudmd

VIVA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD senang perayaan Natal di Jawa Timur berlangsung aman dan damai. Ia juga senang karena pelaksanaan ibadah Misa di gereja-gereja berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) sehingga tidak berpotensi terjadi penularan COVID-19.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Hal itu disampaikan Mahfud saat meninjau pelaksanaan ibadah Misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, Kota Surabaya, pada Sabtu, 25 Desember 2021. Turut mendampingi pada kegiatan itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Kabinda Marma Rudi Iskandar dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.  

"Saya bersyukur mendapat kesempatan untuk berkunjung ke tempat ini untuk memastikan dan menyaksikan persiapan pelaksanaan ibadah Natal berjalan dengan baik dan aman," kata Mahfud di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Mahfud MD di gereja Surabaya saat misa Natal

Photo :
  • VIVA / Nur Faisal (Surabaya)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi mengatakan bahwa di Indonesia semua pemeluk agama dan lembaga-lembaga keagamaan mendapat perlindungan yang sama dari negara. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat menentukan pilihan agama sesuai kepercayaannya.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

"Kalau negara agama itu satu negara yang diatur dan dikuasai dengan sistem satu agama. Tetapi di Indonesia merupakan negara Pancasila di mana agama dan para pemeluknya dilindungi hidupnya, karena asumsinya semua agama itu membawa ajaran kebaikan," tutur Mahfud.

Guru Besar Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini mengaku senang setelah mendapat laporan dari Forkopimda Jatim bahwa sampai saat ini perayaan ibadah Natal di Jawa Timur berjalan kondusif dan aman.

"Ada kegembiraan pada perayaan Natal pada tahun ini daripada tahun kemarin. Saat ini bisa ibadah di gereja sementara tahun lalu harus secara online. Namun hal ini harus tetap kita jaga agar tidak terjadi lonjakan COVID-19 pasca Nataru," kata Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya