Kota Lama Semarang Ramai Dikunjungi Wisatawan di Masa Libur Nataru

Wisatawan mengunjungi Kota Lama, Semarang, Minggu, 26 Desember 2021.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Libur Natal menjelang tahun baru menjadi momen bagi warga untuk berlibur. Sejumlah destinasi wisata menjadi favorit tujuan untuk berjalan-jalan bersama kawan maupun keluarga.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Kota Lama, Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Salah Satu Tempat Favorit

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Di Kota Semarang, salah satu tempat favorit adalah kawasan heritage Kota Lama. Di sini wisatawan bisa melihat banyak bangunan tua peninggalan Hindia Belanda yang masih terawat dengan baik. Mereka jalan keliling sambil berfoto di tengah kota lama untuk merasakan suasana masa lampau.

Sejak libur Natal hingga hari Minggu ini, Kota Lama mulai ramai. Sebagian pengunjung berasal dari luar kota. Khasnya bangunan di kawasan ini sangat menarik perhatian untuk dibuat latar foto.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Bangunan Berarsitektur Eropa

Bangunannya berarsitektur Eropa zaman dulu. Terutama Gereja Blenduk yang menjadi ikon Kota Lama. Sebagian besar bangunan ini, pada zamannya dipakai oleh saudagar dan kaum kaya untuk berbisnis, berkantor, berniaga, dan menikmati hiburan.

Baca juga: Nataru, Arus Lalin di Gerbang Tol Kalikangkung Naik 5 Persen

Sekarang bangunan yang ada sudah direstorasi menjadi rapi tapi tetap mempertahankan keasliannya. Para pemilik maupun penyewa memanfaatkannya untuk membuka kafe, restoran, galeri seni, kantor, serta penginapan.

Menurut seorang pemandu wisata Kota Lama, keramaian di kawasan ini sudah terlihat meningkat pada hari Jumat bertepatan dengan hari Natal. Sesuai pengalaman, diperkirakan peningkatan pengunjung akan berlangsung hingga libur tahun baru.

"Iya, memang mulai naik jumlah pengunjungnya, apalagi kalau sudah mulai sore atau malam hari. Harapan kita sebagai pemandu wisata maupun yang membuka usaha di sini, nanti malam tahun baru tidak ada penutupan ya. Seperti biasanya lah, yang tidak boleh masuk kendaraannya, tapi wisatawan tetap bisa masuk kawasan asal menjaga prokes," kata guide Kota Lama, Patria.

Wisatawan yang datang ke Kota Lama sebagian besar tertarik dengan suasananya. Apalagi setelah kawasan ini direstorasi menjadi lebih tertata.

"Saya dari Salatiga, ke sini ya selain jalan-jalan juga untuk mencari spot foto. Menarik sekali, banyak sudut yang tak terduga, dan sekarang sudah sangat rapi dengan tambahan ornamen vintage-nya," kata Edo yang datang bersama kelompoknya.

Kawasan Kota Lama akan menjadi salah satu yang dituju warga untuk menikmati tahun baru, setelah sejumlah fasilitas publik seperti Simpang Lima maupun taman terbuka rencanannya ditutup saat malam tahun baru.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya