Ridwan Kamil: Desa Akan Jadi Masa Depan jika Kuasai Teknologi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sekaligus Bapak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Indonesia menyatakan bahwa masa depan akan ada di desa jika warganya menguasai teknologi.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

"Saya memercayai satu teori: masa depan itu di desa bukan di kota, asal ada teknologi," kata Ridwan Kamil di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Minggu, 26 Desember 2021, saat melakukan pertemuan dengan BPD Aceh dan dari Sumatera Utara di Banda Aceh.

Langkah itu, katanya, akan diperjuangkan, bukan hanya untuk eksistensi organisasi, tetapi terhadap kesejahteraan desa. Tujuannya memperjuangkan harkat martabat sebuah eksistensi yang belum sempurna. "Dengan kekompakan meraih kemenangan dengan kebersamaan pasti berhasil," ujarnya.

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Ridwan menyampaikan, terdapat dua eksistensi BPD, yakni sebagai pengawas mewakili masyarakat. Kemudian menggunakan teknologi digital, baik untuk usulan maupun laporan dana desa, sehingga jangan sampai tidak ada eksistensi dana desa.

Ridwan Kamil berkunjung ke Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi
BTN Top 3 Tempat Kerja Terbaik Kembangkan Karir Versi Linkedin, Erick Thohir: Alhamdulillah

Dalam sebuah transisi menuju digital, menurutnya, pasti ada ketidaksempurnaan, tetapi hal itu jangan membuat kemunduran. Karena alasan itu, dia mencanangkan satu program agar para pemuda yang melek teknologi digital harus kembali ke desa. "... kalau orang tua hijrah ke digital akan lama," katanya.

Dia menambahkan, jika sebuah desa terlihat makmur seperti petani milenial yang sedang digagas, maka nantinya orang akan senang tinggal di desa, sehingga dapat mengisi kekurangan hingga akhirnya anak muda menjadi pengurus desa. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya