Badan Pesawat Merpati Patah di Manokwari

Merpati pecah ban
Merpati pecah ban
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Pesawat Merpati MZ 836 jenis Boeing 737 MD rute Sorong - Manokwari tergelincir di Bandara Manokwari Papua Barat, Selasa 13 April 2010 sekitar pukul 10.30 WIT.

Pesawat yang hendak mendarat itu tergelincir karena hujan lebat, dan keluar dari landasan pacu sejauh 700 meter.

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Agus Rianto melalui pesan singkatnya mengatakan, pesawat yang dipiloti Joko Toren dan kopilot, Agus Purnomo memuat 97 penumpang.

Pesawat itu berangkat dari Bandara Sorong. Saat hendak mendarat, karena kondisi cuaca saat itu buruk, pesawat tergelincir dan keluar dari landasan pacu.

“Kemungkinan karena hujan yang cukup deras membuar pesawat tidak bisa dikendalikan saat rodanya sudah mencapai landasan pacu, sehingga tergelincir,’’ jelasnya.

Akibat benturan yang cukup kuat, badan pesawat kemudian patah. Akibatnya sejumlah penumpang yang tepat berada di patahan pesawat mengalami luka-luka.

“Sejumlah penumpang yang luka, jumlahnya belum diketahui pasti. Mereka  langsung dilarikan ke rumah sakit Angkatan Laut dan Rumah Sakit Umum Manokwari,’’ tambah dia.

Sementara ini, penerbangan dari dan ke saat ini Manokwari terhalang. Polisi masih berjaga-jaga di sekitar lokasi pesawat.

Laporan: Banjir Ambarita| Papua