Jejak Irjen Iqbal Jadi Kapolda NTB: Basmi Covid-19-Sukseskan WSBK

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal akan meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini usai dirinya dimutasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Riau.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dalam catatan VIVA, Irjen Iqbal menjabat sebagai Kapolda NTB mulai Mei 2020. Sederat prestasi dan tinta emas ditorehkan Irjen Iqbal selama menjadi Kapolda.

Ia pun sempat menyampaikan saat awal menjabat Kapolda NTB akan bekerja sama dengan Pemprov, TNI dan instansi lainnya guna majukan pulau seribu masjid tersebut.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Menurutnya, Polri tidak akan bisa bekerja secara maksimal tanpa bantuan dan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat.

Pandemi Covid-19

PPP Gagal Lolos, Caleg PDIP 'Barang Antik' Megawati Ketiban Untung Melaju ke Senayan

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tak terkecuali Indonesia dan NTB membuat Irjen Iqbal putar otak dan melakukan berbagai langkah kreatif mencegah penyebaran Covid-19. Ia pun menggandeng semua pihak, termasuk tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk mengkampanyekan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, ia pun menggagas lomba Kampung Sehat. Sebanyak 1.136 desa di NTB pun dilibatkan dalam lomba ini. Empat sasaran dibidik dalam lomba Kampung Sehat ini yakni menurunkan laju pertumbuhan Covid-19, menjaga ketahanan pangan dan menurunkan angka gizi buruk, mendorong perekonomian bangkit dan menurunkan angka kejahatan.

Polda NTB dan Forkopimda meresmikan lomba Kampung Sehat NTB

Photo :
  • istimewa

Iqbal pun mengaku sengaja membuat inovasi penanganan Covid-19 dalam bentuk perlombaan.

"Memang sengaja seperti itu. Karena, lomba adalah cara tercepat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Saya menyadari intervensi sebaik apa pun, tak akan berhasil jika masyarakat tidak terlibat. Dengan lomba, mereka akan menyusun sendiri protokol terbaik sesuai dengan lingkungannya,” kata Iqbal kepada VIVA, Sabtu, 20 Juni 2020.

Lomba Kampung Sehat ini pun mendapatkan apresiasi banyak pihak. Penurunan angka Covid-19 dan membuat ekonomi kembali bangkit pasca dihempas pandemi menjadi dua hal yang diacungi jempol.

Tak hanya sekali, ia pun membuat program lomba Kampung Sehat sebanyak dua kali. Lagi-lagi tujuannya untuk membuat NTB bangkit kembali.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Irjen Iqbal pun menyiapkan  strategi pengamanan Pilkada serentak di NTB pada Desember 2020. Ancaman penyebaran Covid-19 menjadi fokus utama selain penyelenggaraan Pilkada yang damai dan aman.

Tak lupa mantan Kadiv Humas Polri ini juga dihadapkan pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Semua agenda tahun 2020 dilalui dengan baik.

Memasuki tahun 2021, pemerintah menggencarkan vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia guna membentuk herd immunity. Lagi-lagi, Irjen Iqbal pun melakukan inovasi dan strategi mempercepat vaksinasi.

Ia pun memerintahkan jajarannya untuk menjemput bola dan memberikan edukasi ke masyarakat bahwa vaksin aman dan halal. Mantan Kapolrestabes Surabaya ini juga menggandeng semua pihak dalam mempercepat vaksinasi.

Penyelenggaraan WSBK

Saat tengah menggencarkan strategi percepatan vaksinasi, Iqbal pun dihadapkan dengan persiapan penyelenggaraan World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok pada November 2021.

Percepatan vaksinasi menjadi salah satu syarat agar penyelenggaran Superbike bisa dilakukan. Berpacu dengan waktu dan beberapa kendala, mantan Kapolres Metro Jakarta Utara ini pun akhirnya berhasil mencapai target vaksinasi 70 persen. Hasilnya, Superbike pun cukup berhasil digelar di Sirkuit Mandalika meskipun dengan beberapa catatan.

Dengan kesuksesan event Superbike, jenderal bintang dua kelahiran Palembang ini pun menegaskan bahwa NTB siap menjadi tuan rumah MotoGP 2022.

"Saya sampaikan bahwa secara profesional, NTB berhasil menjadi tuan rumah yang baik pada event kelas dunia ini dan siap menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2022," katanya usai memantau keamanan perhelatan seri terakhir balap kelas dunia Asia Talent Cup (ATC) 2021 dan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika.

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memantau pengamanan WSBK Mandalika

Photo :
  • dok Polda NTB

Selama 19 bulan menjadi Kapolda NTB, Iqbal pun mengaku dirinya tak pernah berhenti melakukan dialog dan kerja sama dengan semua pihak. Mulai dari Pemprov, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, mahasiswa, buruh hingga turun ke bawah melihat situasi masyarakat.

Di akhir masa jabatannya, Iqbal pun masih memberi torehan emas atas prestasi 3 satuan kerja di wilayah Polda NTB yang meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kini, Irjen Iqbal pun mengaku siap mengabdi di tempat baru yaitu Provinsi Riau untuk menjadi Kapolda. Ia pun menyebut Riau bukanlah tempat baru bagi dirinya. Sebab ia mengaku cukup lama pernah berdinas di Riau sepanjang karirnya menjadi anggota Korps Bhayangkara.

"Saya bersyukur dipercaya lagi oleh Bapak Kapolri menjadi perpanjangan tangan beliau di salah satu provinsi Indonesia, yakni Riau. Dan Riau bagi saya bukan daerah yang asing. Saya seperti pulang ke kampung halaman," ujar dia kepada wartawan, Sabtu 18 Desember 2021.

Baca juga: Kapolda: NTB Siap jadi Tuan Rumah MotoGP 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya