Fakta-fakta Bencana Angin Puting Beliung yang Terjadi di Sukabumi

Angin puting beliung memporak-porandakan rumah warga di Riau
Sumber :
  • VIVA/Bambang Irawan

VIVA –  Bencana alam angin puting beliung terjadi di Desa Cijurey dan Desa Karangjaya, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi pada Senin 27 Desember 2021. Angin puting beliung tersebut menyebabkan kerusakan pada rumah warga, beberapa fasilitas umum dan tumbangnya pohon. 

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Berdasarkan data dari Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK), kampung-kampung yang terdampak angin puting beliung diantaranya seperti Kampung Manonjaya, RT 08/03, Kampung Cisayang, RT 15,16/04, Kampung Lembur Sawah, RT 17/05, Kampung Pasir Kuda, RT 18/05, Kampung Cisayang, RT 19,20/05, Desa Cijurey dan Kampung Cikatang, RT 20, Desa Karang Jaya, Kecamatan Gegerbitung. 

Merusak puluhan rumah warga dan beberapa fasilitas umum

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Akibat angin puting beliung yang terjadi sebanyak 40 unit rumah warga rusak dan porak-poranda. Lebih rincinya yakni rumah yang rusak berat sebanyak 3 unit, rumah yang rusak sedang sebanyak 15 unit dan rumah yang rusak ringan 35 unit.

Bangunan rumah yang terdampak bencana angin puting beliung tersebut rata-rata rusak di bagian atap karena terbawa oleh angin puting beliung. Selain rumah warga, terdapat juga beberapa fasilitas umum yang rusak akibat angin kencang dari puting beliung. 

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

Bencana langsung ditangani petugas

Petugas gabungan dari pemerintah desa, pemerintah Kecamatan Gegerbitung, TNI dan Polri langsung mendatangi lokasi kejadian yang terkena bencana puting beliung usai mengetahuinya. Material bangunan dari rumah warga yang rusak karena terhempas angin puting beliung langsung dievakuasi oleh petugas. Selain itu, evakuasi juga dilakukan terhadap pohon-pohon yang tumbang di beberapa titik lokasi karena terbawa oleh angin kencang. 

Terjadi pada siang hari

Angin puting beliung yang menimpa wilayah Desa Cijurey dan Desa Karangjaya, Kecamatan Gegerbitung itu tejadi saat desa sedang diguyur hujan lebat yang juga disertai dengan angin kencang pada sekitar pukul 12.30 WIB siang. 

Kerugian belum diketahui

Hingga saat ini masih belum diketahui berapa jumlah kisaran kerugian materil atau nominal pastinya dari kerusakan yang disebabkan oleh bencana puting beliung yang terjadi di  wilayah Desa Cijurey dan Desa Karangjaya, Kecamatan Gegerbitung  ini. Fokus petugas gabungan dari pemerintah desa, Polri dan TNI masih pada penanganan bencananya terlebih dahulu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya