Final Piala AFF, Wapres Minta Timnas Tingkatkan Stamina dan Kecepatan

Wapres KH Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Hari ini Timnas Indonesia akan melakoni laga final Piala AFF 2020 leg pertama melawan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura. Pertandingan final piala AFF ini pun turut jadi sorotan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin.

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Ma'ruf menuturkan, untuk memenangkan pertandingan, Timnas Indonesia harus memperbaiki stamina dalam pertandingan malam nanti. Sebab hal itu akan sangat dibutuhkan untuk melawan Timnas Thailand.

"Memang ada dua hal menurut saya yang perlu dibenahi. Satu itu staminanya harus diperkuat, staminanya kalau bermain full 90 menit itu jangan sampai ada perubahan, itu saya kira yang harus didorong," kata Ma'ruf, Rabu 29 Desember 2021.

Rafael Struick Mengerikan, Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Korsel di Babak I

Pilar Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) bersama Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam Bahar di Piala AFF 2020

Photo :
  • Twitter/@PSSI

Lebih lanjut, Ma'ruf juga menuturkan bahwa hal kedua yang harus dibenahi Timnas Indonesia adalah kecepatan para pemain. Jika stamina dan kecepatan dapat ditingkatkan, Ma'ruf yakin Indonesia akan menang.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

"(Apabila) dua hal ini dibenahi, saya kira kita akan jauh lebih baik," yakinnya. 

Permainan Timnas Indonesia Dinilai Wapres Sudah Cukup Baik

Namun demikian, menurut Ma'ruf permainan Timnas Indonesia sejauh ini sudah cukup baik. Hal ini terlihat saat dirinya turut menyaksikan laga semifinal melawan Timnas Singapura pada Sabtu lalu.

"Dari segi teknik permainan bagus sekali, serangan-serangan, kemudian bagaimana dia menyerang, kemudian dia bisa bertahan, itu sudah (baik)," ujar Ma'ruf.

"Kalau permainan seperti itu, potensi kita memenangkan pertandingan (besar)," tambahnya. 

Kepada awak media, Wapres pun memastikan bahwa dirinya akan kembali menyaksikan laga final Piala AFF malam ini dari rumah. Namun, saat dimintai prediksinya tentang skor pertandingan, ia enggan menyebutkan. "Skornya nanti sajalah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya