Kapolri ke Jajaran: Polisi Jangan Jadi Penghambat Investasi

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengawal kebijakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bidang investasi. Maka dari itu, ia memerintahkan anggota Polri supaya mengawal iklim investasi di Indonesia.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Hal itu disampaikan Sigit saat memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu, 29 Desember 2021.

“Hindarkan polisi menjadi penghambat investasi. Saya ingatkan, kawal dan pastikan aman hingga betul-betul merasakan apa yang menjadi harapan Pemerintah,” kata Sigit.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Selain itu, Sigit memerintahkan jajaran kepolisian mengawal juga penggunaan APBN baik di daerah, sektor strategis supaya penggunaannya tepat sasaran dan tidak terjadi kebocoran.

“Kemudian, masalah perizinan berikan pendampingan supaya semuanya bisa dilengkapi dan UMKM yang ada bisa tumbuh,” ujarnya.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Di samping itu, Sigit mengingatkan aparat kepolisian harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia saat menghadapi situasi politik yang berkembang di tahun 2022. Diharapkan, pesta demokrasi di Indonesia harus berjalan aman, damai dan tidak terjadi perpecahan.

Menurut dia, Pilkada bagian dari proses demokrasi yang harus dilaksanakan, sehingga menjadi pendidikan politik yang sehat, bukan menyebabkan kondisi bangsa kita terpecah belah.

“Ini bicarakan dengan tokoh adat, tokoh agama, atau tokoh masyarakat untuk membuat komitmen bahwa demokrasi boleh jalan, situasi dan pilihan berbeda tapi masalah persatuan dan kesatuan tetap dijaga," jelas dia.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Irjen Rusdi Hartono mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit menekankan agar Polri bisa menjadi bagian dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

“Diharapkan langkah-langkah Polri kedepan, tentunya bisa dapat memberikan iklim sejuk terkait investasi di Tanah Air, agar dihindari daripada perilaku-perilaku atau tugas-tugas yang dilakukan di lapangan akan menghambat investasi itu sendiri,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya