Temuan LIPI yang Bikin Publik Puas dengan Pemerintahan Jokowi

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat menggelar rapat kabinet di Istana Negara Jakarta. (Foto ilustrasi)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat menggelar rapat kabinet di Istana Negara Jakarta. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi Subhan mengatakan, keberhasilan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembangunan infrastruktur, salah satunya bendungan yang dilengkapi irigasinya, membuat masyarakat puas dengan kinerja Pemerintahan Jokowi.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuat bendungan di beberapa tempat yang bisa menahan air dari puncak ke bawah relatif berhasil.

“Karena kita tahu beberapa minggu ini hujan lebat di daerah Puncak sampai Depok, Bogor. Ini bagian dari bendungan dan bendungan memecah air tidak langsung ke Ciliwung, masuk ke kantong-kantong bendungan,” kata Syafuan saat dihubungi wartawan pada Kamis, 30 Desember 2021.

Selain itu, Syafuan menilai masyarakat puas terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi karena membangun Indonesia di tengah krisis bukan hal yang mudah.

Karena, pandemi COVID-19 membuat rencana yang pernah dilakukan masa normal berubah total, mengingat konsentrasi untuk menahan dan menekan laju kematian serta penyebaran. 

“Indonesia bisa bertahan dengan kondisi sekarang itu patut diapresiasi, karena pemerintah dunia termasuk Malaysia mengalami turbulensi politik. Hampir semua upaya untuk menekan laju penyebaran pandemi,” jelas dia.

Maka dari itu, Syafuan mengatakan masyarakat menyampaikan kepuasan dengan kinerja Pemerintahan Jokowi dengan tulus. Karena, siapa pun Presiden dimasa krisis kalau bisa bertahan saja, menekan laju krisis pangan dan lainnya itu sudah bersyukur.