Panglima TNI Andika Perkasa Temui Sultan HB X, Ini yang Dibahas

Sri Sultan HB X dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menerima kunjungan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Pertemuan kedua tokoh ini digelar di ruang kerja Gubernur DIY, Jumat 31 Desember 2021.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Andika yang ditemani oleh Pangdam IV Diponegoro, Komandan Korem 072/Pamungkas, Danlanud Bandara Adisutjipto dan Danlanal Yogyakarta ini tiba di Kompleks Kantor Gubernur DIY sekitar pukul 13.38 WIB.

Pertemuan kedua tokoh ini digelar selama lebih kurang 3 jam. Andika dan Sultan HB X tampak meninggalkan ruangan sekitar pukul 16.50 WIB.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Andika menerangkan bahwa pagi tadi dirinya menyempatkan meninjau langsung vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bantul, DIY.

Setelahnya, jenderal bintang empat ini meminta waktu untuk bersilaturahmi dengan Sultan HB X. Kemudian, pertemuan pun digelar di Kantor Gubernur DIY.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan KASAD ini menceritakan dalam pertemuan itu dirinya bertanya banyak hal kepada Raja Keraton Yogyakarta tersebut. Selain berbicara tentang masalah pandemi Covid-19, banyak lain yang dibicarakan.

"Jadi, saya memakai waktu ini untuk bertanya banyak hal. Justru saya banyak bertanya tentang pengalaman beliau sebagai seorang senior yang sudah pengalaman di bidang pemerintahan," tutur Andika.

"Kita bicara semuanya. Banyak pelajaran seperti pengalaman beliau. Dari situ justru banyak pelajaran ilmu beliau sebagai praktisi dan senior," imbuh Andika.

Sementara itu, Sultan HB X mengakui banyak hal yang dibicarakan dengan Andika. Selain berbagi pengalaman, banyak obrolan lain yang dibahas keduanya.

"Kita ini hanya tukar pengalaman. Saya Gubernur, curhat juga bisa, rumah tangga ya bisa, budaya, semua aspek yang bisa kita obrolkan. Untuk menghilangkan beban stres. Juga bisa (berbagi) pengalaman," tutur Sultan HB X.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya