Cara Sandiaga Bantu Detusoko Jadi Desa Kreatif Demi Ekonomi Bangkit

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Pariwisata

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menunjukkan kekagumannya atas produksi kreatif yang ada di desa Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Dia mengatakan produk kreatif itu mampu menandingi produk pabrikan.

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

"Hasilnya cukup baik, dan ini juga tidak kalah dengan hasil pabrikan,” kata Sandiaga, Minggu, 2 Januari 2022.

Desa Detusoko merupakan salah satu desa kreatif yang mampu membuka lapangan kerja. Masyarakat di desa itu memproduksi lampu hias.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Sandiaga menyampaikan UMKM seperti di desa Detusoko harus didukung dan juga dikembangkan. Selain bisa meningkatkan ekonomi, karya lampu ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengaku sejumlah perajin lampu menyampaikan tantangan yang selama ini dialami, yakni keterbatasan alat-alat pertukangan. Sandiaga pun langsung memberikan sejumlah perkakas yang dibutuhkan warga di sana yang dibawanya khusus dari Jakarta.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Sandiaga juga berjanji akan membantu mencarikan alat-alat lain yang dibutuhkan di Jakarta untuk kemudian dikirim ke desa Detusoko.

“Saya carikan nanti alatnya di Jakarta,” tegasnya.

Lebih dari itu, Sandiaga berharap dengan adanya alat-alat ini akan semakin menambah semangat warga desa untuk terus berkarya, hingga membuka banyak lapangan pekerjaan.

“Ingat, ini untuk membuat pekerjaan lebih mudah dan juga kita harapkan bisa membuka lapangan pekerjaan lebih banyak,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berkata desa wisata tidak hanya diharapkan menampilkan destinasi wisata terbaik, namun juga menampilkan ekonomi kreatif sehingga menjadi desa kreatif.

“Jadi harapannya dengan bantuan ini bisa membuat ekonomi bangkit dan tercipta lapangan kerja,” ujar Sandiaga.

Selain memberikan bantuan perkakas, Sandiaga yang akrab disapa Mas menteri juga memberikan peralatan musik kepada sanggar Daodole yang sangat membutuhkan. Dengan adanya peralatan musik, dia berharap desa Detusoko semakin menarik bagi wisatawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya