WNA Palestina Kabur dari Rudenim di Pasuruan, Bawa Mobil Imigrasi

Ilustrasi WNA di Imigrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Warga Negara Asing (WNA) asal Palestina berinisial MDH yang berstatus pelarian deteni dilaporkan kabur dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Minggu siang, 2 Januari 2022. 

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Deteni berusia 41 tahun itu kabur setelah mengambil paksa mobil operasional di Rudenim dan masih dikejar petugas gabungan.

Kepala Divisi Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Jaya Saputra, membenarkan peristiwa kaburnya deteni asal Palestina itu.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

“Benar, telah terjadi pelarian deteni berinisial MDH sekitar pukul 12.00 WIB siang ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis setelah dikonfirmasi wartawan.

Jaya menjelaskan, kejadian itu berawal saat petugas hendak melakukan penguncian blok hunian. Sesuai SOP yang ada, petugas mengontrol tiap blok dan petugas berada di lorong blok deteni.

Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?

Ilustrasi pegawai imigrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

“Awalnya situasi kondusif dan aman,” katanya.

Beberapa saat kemudian, lanjut Jaya, MDH mengambil jemuran dan tiba-tiba lari  keluar blok dan berusaha mengambil motor petugas. Saat perebutan motor, terjadi perkelahian antara deteni MDH dengan petugas. 

“Saat perkelahian terjadi, deteni MDH berhasil lari ke pintu depan,” ungkapnya.

Setelah sampai di bagian depan Rudenim, MDH merusak tempat penyimpanan kunci mobil. Dia lalu mengambil mobil yang ada di garasi. Deteni mokong itu melarikan diri dengan menabrakkan mobil berkali-kali ke pintu pagar. 

“Saat ini kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian maupun TNI untuk pencarian,” terang Jaya.

Dia juga berharap informasi dari masyarakat jika melihat mobil yang dibawa lari oleh deteni MDH. Yaitu mobil Chevrolet jenis Orlando berwarna hitam dengan nomor polisi N 1030 SP (pelat merah). 

“Kami membuka pintu seluas-luasnya jika ada informasi dari masyarakat,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya