Dua Petugas Medis di Bandara Soetta Terpapar Omicron

Ilustrasi suasana di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kasus Covid-19 varian Omicron ditemukan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Dimana, berawal dari dua orang petugas medis yang terpapar virus varian baru tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Mereka diketahui bekerja sebagai administrasi Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Area Covid-19 Testing Center Terminal 3, Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Komandan Satuan Tugas (Satgas) Udara Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Sus Agus Listiyono mengatakan, kedua petugas tersebut berasal dari i-Lab dan Farmalab.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Mereka bagian admin, kontak sama penumpang. Sementara yang kita pantau selama ini, iLab ada satu orang dan Farmalab ada satu orang," katanya, Senin, 3 Januari 2022.

Awalnya, mereka mengalami gejala Covid-19 dan saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, keduanya pun positif Covid-19 varian Omicron.

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Mendapati hal itu, petugas juga melakukan tracing ditempat tinggal mereka, yakni indekos Ruko Imperial, Kalideres, Jakarta Barat. Dan hasilnya, 14 orang lainnya dikabarkan terpapar Covid-19 dengan varian yang sama.

"Perkembangannya, karena yang awal terpapar itu tinggal bersama-sama dengan beberapa orang, maka langsung terpapar. Ditambah, informasinya omicron kan cepat merebak. Kebetulan satu kena, satu mess ya bisa kena semuanya," ujarnya.

Alhasil, sebagai tindak lanjut, seluruh penghuni indekos yang bertugas di Bandara Seotta itu telah dipindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dalam sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah mengajukan agar seluruh petugas yang kontak langsung dengan penumpang asal luar negeri, bisa dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Antisipasinya kami sudah mengajukan untuk APD. Yang kedua kita benar-benar untuk menjaga jarak jangan sampai bersentuhan, apalagi kita sudah by system semua. Jadi kita tidak perlu untuk flow itu bersinggungan dengan penumpang," ungkapnya.

Baca juga: Luhut: Omicron Sudah Menyebar ke Mana-Mana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya