Viral Aktivis Diduga Perkosa Mahasiswi, UMY Lakukan Investigasi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Sumber :
  • umy.ac.id

VIVA – Sebuah unggahan akun Instagram @dear_umycatcaller yang berisi dugaan kasus pemerkosaan dengan terduga pelaku seorang aktivis mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berinisial MKA atau OCD menjadi viral di media sosial.

Perampok Sadis di Indramayu Ditangkap, Korban Mahasiswi Sempat Disekap dan Diculik

"Pemerkosaan oleh salah satu aktivis gerakan terbesar di kampus dan demisioner BEM Fakultas dan Universitas," kata akun @dear_umycatcallers dalam unggahannya di Instagram.

Akun @dear_umycatcaller ini mengunggah pula kronologi kejadian dari kasus dugaan pemerkosaan tersebut. Dalam unggahannya, @dear_umycatcaller juga mengirimkan tangkapan layar antara terduga pelaku dengan korbannya.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Terkait viralnya kasus dugaan pemerkosaan dengan terduga pelaku seorang mahasiswa, pihak UMY pun angkat bicara. Melalui Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK, Faris Al-Fadhat, UMY pun memberikan tanggapannya.

Faris mengatakan pihaknya telah melakukan investigasi terkait kasus dugaan pemerkosaan yang mencuat di media sosial ini.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

"UMY memiliki komitmen zero tolerance terhadap pelanggaran disiplin. Terlebih yang mengarah pada kriminalitas," kata Faris dalam keterangan tertulisnya, Selasa 4 Januari 2021.

"Saat ini kasus tersebut telah ditangani dan saat ini masuk ke tahap penyelidikan. Penyelidikan dilakukan oleh Komite Disiplin dan Etika Mahasiswa," imbuh Faris.

Faris menuturkan dalam proses investigasi apabila terbukti kasus tersebut benar terjadi dan ada pelanggaran disiplin serta indikasi tindakan kriminal maka UMY akan mengambil keputusan. Faris memastikan bahwa UMY akan berlaku adil dalam setiap kasus yang terjadi.

"Jika nantinya terbukti ada pelanggaran disiplin dan indikasi kriminalitas maka UMY akan memutuskan dengan adil, mengikuti prosedur hukum yang ada. InsyaAllah, UMY akan terus mengedepankan zero tolerance terhadap pelanggaran disiplin dan kriminalitas," kata Faris.

Baca juga: Viral Aktivis UMY Diduga Perkosa Mahasiswi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya