Polri: Novel Baswedan Cs Akan Ditugaskan di Kortas Tipikor

Pelantikan Novel Baswedan Cs Mantan Penyidik KPK Menjadi ASN Polri
Pelantikan Novel Baswedan Cs Mantan Penyidik KPK Menjadi ASN Polri
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Mayel

VIVA – Sebanyak 44 orang mantan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan dan kawan-kawan rencananya bakal ditempatkan tugasnya di Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortas Tipikor). Kini, Novel Cs masih kerja di Satgas Pencegahan.

“Sebelum Kortas Tipikor terbentuk, maka dalam waktu dekat akan dibentuk Satgas Pencegahan Tipikor. 44 ASN lingkungan Polri, akan bekerja di Satgas Penanganan Korupsi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri pada Kamis, 6 Januari 2022.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan

Photo :
  • dok Polri

Menurut dia, penempatan 44 orang mantan Pegawai KPK sudah dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah melantik sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Polri. Saat ini, mereka masih menunggu proses pembentukan Kortas Tindak Pidana Korupsi.

"Teman-teman eks KPK yang telah jadi ASN, nanti akan bertugas atau ditempatkan di Kortas Tipidkor. Nanti itu tunggu Kortas Tipidkor terbentuk. Tentu sesuai dengan kompetensinya. Kita akan lihat apakah dia sebagai penyidik, nanti kita akan lihat," imbuh Ramadhan.

Diketahui, ada 44 orang mantan Pegawai KPK yang dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri yakni Novel Baswedan dan kawan-kawan. Mereka dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis, 9 Desember 2021. Saat ini, mereka sedang menjalani pendidikan di Pusat Pendidikan Administrasi (Pusdikmin) Bandung, Jawa Barat.

Adapun, daftar nama 44 mantan pegawai KPK yang dilantik menjadi ASN Polri yakni M. Praswad Nugraha, Ronald Paul Sinyal, March Falentino, Yudi Purnomo, Heryanto Pramusaji, Arfin Puspomelistyo, Darko, Wahyu Ahmat Dwi Haryanto, Andi Abdul Rachman Rachim, Afief Yulian Miftach, Ambarita Damanik, Aulia Postiera.