Pasukan TNI Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Jayapura

Personel TNI Kodim 1701/Jayapura membantu evakuasi warga korban banjir dan longsor di Jayapura, Papua, Jumat, 7 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Komandan Kodim 1701/Jayapura Letkol Inf Ricards Arnold Y. Sangari mengatakan prajurit TNI AD turun ke lokasi bencana untuk membantu mengevakuasi korban banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura dan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 7 Januari 2022.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

"Hujan deras melanda Kota Jayapura sejak Kamis (6/1) hingga Jumat dini hari, mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Jayapura. Kodim 1701 sudah menurunkan personel untuk membantu dan mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir dan longsor," kata dia di Jayapura, Jumat.

Dia menjelaskan saat ini personel dari setiap jajarannya bersama dengan instansi terkait telah turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir dan longsor.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Dia menyebutkan berdasarkan data dihimpun personel di lapangan, beberapa lokasi banjir dan longsor di Distrik Jayapura Utara, Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, dan Distrik Sentani Kabupaten Jayapura

"Hingga saat ini data korban meninggal dunia sebanyak 6 orang akibat tertimbun longsor yang terjadi di Distrik Jayapura Utara, tepatnya 1 orang di Kelurahan Klofkamp, 3 orang di Kelurahan Trikora, dan 2 orang di Kelurahan Bhayangkara. Untuk data kerugian material masih dilakukan pendataan," kata dia.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Dia mengatakan, TNI dan Polri dan instansi terkait masih terus memberikan bantuan dan melakukan evakuasi masyarakat yang terdampak bencana ke tempat-tempat yang lebih aman. Namun ada juga beberapa warga yang mencoba bertahan di rumah masing-masing sebab air sudah mulai surut.

Dia berpesan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan. Masyarakat yang tempat tinggalnya berpotensi mengalami longsor diimbau agar mengamankan diri ke tempat yang lebih aman.

Makanan siap saji

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapur menyiapkan makanan siap saji untuk warga yang menjadi korban banjir.

Petugas Basarnas mengevakuasi warga yang terjebak banjir di permukiman kawasan Kali Acai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Jumat, 7 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA/Adharnazamudin

Tahap awal disiapkan 400 bungkus makanan siap santap yang disalurkan ke tiga lokasi termasuk ke Gereja Maranatha di Kotaraja, kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Jayapura Joni Koolang, dilansir dari ANTARA.

Jumlah itu memang masih kurang dan akan bertambah karena masih menunggu data di setiap lokasi karena banjir terjadi di beberapa tempat. Dapur umum akan segera dibuka namun belum dipastikan lokasinya karena belum ada data berapa banyak warga yang menjadi korban banjir. Petugas masih terus mendata warga korban banjir di beberapa lokasi termasuk uang di daerah langganan banjir.

Kepala Polsek Jayapura Utara AKP Yahya Rumra mengakui ada empat kawasan di wilayahnya yang terjadi longsor hingga menimbulkan korban jiwa, meliputi di Nirwana 3 orang meninggal, Bhayangkara 2 orang meninggal, dan dua orang lainnya meninggal akibat tertimbun longsor di APO Bengkel dan Klofkam.

Sedangkan yang mengalami luka-luka tercatat enam orang dan kini dirawat di sejumlah rumah sakit, kata Yahya Rumra. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya