Longsor di Jayapura, Warga Diminta Waspada dan Hati-hati

Longsoran tanah menimpa rumah warga di Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Jumat
Sumber :
  • ANTARA

VIVA - Longsor dan banjir yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, menyebabkan 5 warga meninggal dunia dan korban luka-luka sebanyak 2 orang. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan korban luka-luka 2 orang sudah dibawa ke RS Bhayangkara.

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Personel TNI Kodim 1701/Jayapura membantu evakuasi warga korban banjir dan longsor di Jayapura, Papua, Jumat, 7 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA

Personel TNI-Polri Dikerahkan

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Kamal menyampaikan untuk membantu warga sejumlah personel gabungan TNI-Polri, Basarnas serta instansi terkait dikerahkan ke setiap titik-titik wilayah yang terdampak banjir serta tanah longsor.

Adapun wilayah yang terdapak banjir yaitu Kantor Gubernur, Batas Kota, Pasar Youtefa, Entrop, Hamadi, Organda dan untuk titik terdampak tanah longsor yaitu Aspol Bhayangkara Dok 5 atas, Kelurahan Trikora Dok 5 atas dan Skyland serta Lintasan Kodam yang mangakibatkan jalan terputus sehingga pengendara kendaraan tidak dapat melintas karena jalan putus.

Sopyan Dado Meninggal, Eza Yayang Ucapkan Belasungkawa: Seniman Akting Sejati

“Kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura kami mengimbau agar selalu waspada serta hati-hati untuk keselamatan kita bersama karena saat ini masih dalam musim penghujan, terkhusus yang tinggal di daerah dekat pantai dan gunung karena rawan terjadi banjir serta tanah longsor,” kata Kamal, Jumat, 7 Januari 2022.

Baca juga: Longsor Tewaskan Tujuh Orang di Kota Jayapura

Lakukan Evakuasi

Sementara itu, Wakil Walikota Jayapura Kota Rustam Saru, bersama Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol Kasmolan meninjau langsung lokasi terdampak banjir di Pasar Youtefa.

Wakil Walikota Jayapura Kota, Rustan Saru, mengatakan dari kondisi banjir saat ini mereka membangun koordinasi antara TNI-Polri, Basarnas dan BNPB serta instansi terkait guna melakukan evakuasi kepada masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor.

“Kami sangat prihatin karena banjir yang terjadi di beberapa titik sangat tinggi, akan tetapi sampai saat ini banjir sudah mulai turun dan patut kita syukuri. Pada hari ini kita melakukan evakuasi kepada masyarakat dengan menggunakan perahu karet,” kata Rustam Saru.

Ia menambahkan bahwa masyarakat yang dievakuasi ada dalam kondisi sakit serta dalam keadaan hamil, sehingga setelah dilakukan evakuasi kita langsung membawa mereka ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk menerima penanganan lebih lanjut.

Sedangkan untuk korban yang selamat kami mengevakuasi mereka ke tempat yang aman, di mana kami saat ini menggunakan GOR Cenderawasih sebagai tempat evakuasi bagi masyarakat serta anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya