Pelaporan Ganjar ke KPK Dinilai untuk Jegal Pencapresan 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dilaporkan organisasi bernama Poros Nasional Pemberantasan Korupsi (PNPK) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan yang disampaikan Presidium PNPK Adhie Massardi itu terkait pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau  e-KTP. 

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Merespons laporan tersebut, relawan Ganjar Pranowo, Siap Ganjar Presiden (SIGAP) Indonesia mengaku heran. Sebab, kasus korupsi proyek e-KTP itu dianggap sudah selesai dengan adanya putusan pengadilan yang menghukum mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, mantan anggota Komisi II DPR RI Markus Nari, mantan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri serta  pihak swasta. 

"Ada apa, ini ada pihak tertentu yang masih mengaitkan Ganjar dalam kasus korupsi proyek e-KTP. Bukannya sudah selesai itu kasusnya, dan Ganjar sama sekali tidak terlibat dalam kasus itu," kata Sekretaris Jenderal SIGAP Indonesia, Tam Hutabarat, kepada wartawan, dikutip Sabtu 8 Januari 2022.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Ilustrasi E-KTP.

Photo :
  • VIVA/Muhammad A.R

Tidak terlibatnya Ganjar dalam perkara pengadaan proyek e-KTP ini menurut Hutabarat karena mantan pimpinan Komisi II DPR itu sudah berkali-kali diperiksa ketika KPK melakukan penyelidikan. Bahkan, Ganjar pun ikut bersaksi di pengadilan saat kasusnya digelar mengadili sejumlah terdakwa.  

MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024

Tapi kata Tam, dari hasil pemeriksaan dan fakta persidangan, Ganjar Pranowo tidak ada bukti keterlibatannya menerima uang suap dari pengadaan KTP elektronik itu. 

"Ganjar clear dalam perkara ini, tak ada bukti yang menunjukkan bahwa dia ikut menikmati uang dari proyek e-KTP, dan Ganjar sendiri sudah berkali-kali menegaskan tidak ikut terlibat," ujarnya.

Tam menduga dan memperkirakan, pemunculan nama Ganjar Pranowo dalam perkara korupsi proyek e-KTP saat ini lebih bersifat politis saja. Sebab bisa saja ada kelompok mau melemahkan atau meredam karier politik Ganjar Pranowo khususnya dalam kontestasi politik pilpres 2024. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Tidak saja popularitasnya, tingkat elektabilitas Ganjar pun kata Tam Hutabarat semakin moncer seperti yang terlihat dari sejumlah hasil  lembaga survei. Adanya pelaporan ini dinilai tidak akan berpengaruh banyak untuk Ganjar karena Ganjar tidak terlibat dalam kasus tersebut. 

"Saya pikir masyarakat kita ini sudah cerdas dan kritis lah, tak bisa dipengaruhi dan didikte pilihan-pilihan politiknya," ujar Hutabarat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya