BMKG: 96,8% Indonesia Memasuki Musim Penghujan, Waspada Banjir-Longsor

Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bajwa kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

"Hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Desember 2022 menunjukkan bahwa 96.8% wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Dengan periode puncak musim hujan diprediksikan umumnya terjadi pada periode Januari 2022," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto di Jakarta, Sabtu, 8 Januari 2022. 

Ilustrasi Hujan lebat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sementara itu dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia. Terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 9-15 Januari 2022 dapat terjadi di wilayah sebagai berikut: 

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

1.  Kep. Riau
2.  Bangka Belitung
3.  Jambi
4.  Sumatera Selatan
5.  Bengkulu
6.  Lampung
7.  Banten
8.  DKI Jakarta
9.  Jawa Barat
10. Jawa Tengah
11. DI Yogyakarta
12. Jawa Timur
13. Bali
14. Nusa Tenggara Barat
15. Nusa Tenggara Timur
16. Kalimantan Barat
17. Kalimantan Tengah
18. Kalimatan Selatan
19. Sulawesi Selatan
20. Sulawesi Barat 

Untuk itu, di mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya