TNI Kodim Jayapura Bantu Evakuasi Korban Banjir di Nimbokrang

Personel TNI Kodim 1701 Jayapura bersama warga bantu evakuasi korban banjir Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu, 9 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Prajurit TNI Kodim 1701/Jayapura membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir akibat meluapnya Kali Grime dan Kali Aso di Kampung Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu, 9 Januari 2022.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Komandan Kodim 1701/Jayapura Letkol Inf Richard Arnold Sangari, dalam keterangan mengungkapkan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi disertai angin pada awal Januari 2022 mengakibatkan beberapa wilayah Jayapura terjadi banjir dan tanah longsor.

"Saat ini pada Minggu 9 Januari juga terjadi banjir di Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura. Sekitar 240 rumah warga terendam, dengan ketinggian air sekitar 50 cm sampai 1,5 meter," kata Richard.

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Dia menegaskan, dengan terjadinya banjir jajaran Koramil Nimboran yang merupakan satuan jajaran Kodim Jayapura, secara langsung sigap membantu warga pada Minggu karena banjir akibat meluapnya Kali Grime dan Kali Aso di kampung Nimbokrang, distrik Nimbokrang.

"Sampai saat ini tidak ada korban jiwa, warga yang rumahnya terendam air mengungsi ke keluarga terdekat. Rumah terendam banjir kurang lebih 240 rumah," ujarnya.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Tim SAR berupaya mengevakuasi warga terdampak banjir di kawasan pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Jumat, 7 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA

Diakui Dandim, banjir Nimbokrang mengakibatkan perabotan warga terendam air, lahan pertanian terendam air, ternak warga diungsikan ke tempat yang tidak kena genangan air. Ketinggian air di kawasan itu masih sekir 150 cm hingga Minggu siang.

Kodim 701/Jayapura telah mengambil tindakan dan langkah-langkah dengan berkoordinasi dengan kepala kampung, distrik dan masyarakat untuk membantu warga yang kena banjir.

"Saat ini pula, semuanya telah berada di lokasi banjir untuk mengevakuasi, memberikan bantuan makanan dan minuman, serta membantu dengan mengerahkan alat perlengkapan agar lebih cepat penanganannya,"ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya