Dilaporkan ke KPK, Gibran Siap Dipanggil

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin, 10 Januari 2022, oleh seorang dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Merespons kabar itu, Gibran mengaku belum mengetahui secara terperinci perihal laporannya. Ia juga tidak tahu dalam kasus apa dia dan adiknya dilaporkan oleh dosen UNJ kepada KPK.

Korupsi opo? Pembakaran hutan? TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang)? Nanti takon (tanya) Kaesang ae (saja),” katanya kepada di Solo.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

Dia tidak mempermasalahkan pelaporan itu. Namun dia menegaskan tidak melakukan apa yang ditudingkan oleh pelapor yang merupakan mantan aktivis tahun 1998 itu. “Ya, silakan dilaporkan; kalau salah, ya, kami siap [diperiksa]. Salahe opo, ya, dibuktikan, ngono ae (itu saja),” ujar Wali Kota Solo itu.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama Kaesang Pangarep.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)
Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya

Dalam laporannya, dosen UNJ itu menyebut perusahaan PT SM yang terlibat dalam pembakaran hutan. Namun, saat disinggung nama perusahaan itu, Gibran meminta menanyakannya kepada Kaesang. Sebab dia sudah tidak lagi mengurus bisnisnya dan urusan bisnis diserahkan kepada sang adik bungsu.

Gibran mengaku belum ada surat panggilan yang dilayangkan kepadanya. “Belum ada pemberitahuan. Ya, dicek saja, kalau ada yang salah, ya, silakan dipanggil. Kalau ada yang salah, dibuktikan saja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya