Danrem Umumkan Kasus Pertama COVID-19 Varian Omicron di Bogor

Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Brigjen TNI Ahmad Fauzi saat meninjau vaksinasi anak di SDIT Al-Madinah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 11 Januari 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Komandan TNI Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Brigjen TNI Ahmad Fauzi mengungkapkan adanya kasus COVID-19 varian Omicron perdana di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yakni warga asal Kecamatan Dramaga.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

"Kami sampaikan ada satu yang kena varian Omicron di Kabupaten Bogor, yakni di Kecamatan Dramaga," katanya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di SDIT Al-Madinah, Cibinong, Bogor, Selasa, 11 Januari 2022.

Ia menjelaskan, warga yang terpapar Omicron ini merupakan seorang pria berusia 28 tahun. Si pemuda terkonfirmasi positif sejak 6 Januari 2022, dan kini menjalani perawatan di Jakarta.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ia menyebutkan bahwa Satgas Penanganan COVID-19 setempat sudah melakukan tracing (pelacakan) dari yang bersangkutan, sehingga menemukan 10 orang yang kontak erat. Namun ke-10 orang telah dipastikan negatif COVID-19 sehingga tim medis berfokus pada si pemuda yang terjangkit.

Ilustrasi tim medis swab massal COVID-19 di Puncak, Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR
Inspiratif! Sejak Usia 15 Tahun Gabung UNICEF, Pemuda Ini Beri Les Gratis ke 10 Ribu Anak Pelosok

Kasus itu juga merupakan kasus penularan Omicron yang terdeteksi perdana di lima kota/kabupaten wilayah Korem 061. "Untuk Omicron kita lagi fokus. Yang jelas bisa kami sampaikan dari lima wilayah Korem kita, khusus Kabupaten Bogor, memang ada satu yang kena di Dramaga," katanya.

Ia mengaku akan terus mengantisipasi penyebaran Omicron di wilayah Korem 061 bersama Satgas Penanganan COVID-19 di masing-masing daerah.

"Kita berharap tidak ada lagi penyebaran (Omicron), ini jadi fokus kita semuanya, TNI, Polri termasuk Forkopimda berupaya bagaimana kita mencegah bersama-sama agar varian Omicron ini tidak masuk ke wilayah kita semuanya," kata Fauzi. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya