BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Turun di Jateng Pekan Ini

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, lewat rilis tertulisnya menyebutkan, berdasarkan hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Desember 2022, menunjukkan bahwa 96,8 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, dengan periode puncak musim hujan diprediksikan umumnya terjadi pada periode Januari 2022. 

Sementara itu dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia, terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Waspada Cuaca Ekstrem

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Berdasarkan kondisi tersebut, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi pada periode hingga 15 Januari 2022 pekan ini yang hampir merata di wilayah Jawa Tengah

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," kata Sutikno.

Sebelumnya diberitakan, hujan disertai angin kencang menyebabkan kejadian di sejumlah wilayah di Semarang,  Selasa, 11 Januari 2022. Di antaranya  pohon tumbang di Semarang Selatan, Ngaliyan, Semarang Tengah, dan Pudakpayung. 

Juga ada angin ribut di Kabupaten Semarang. Selain itu, ada kejadian longsor yang mengakibatkan rumah rusak di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya