Sesajen di Semeru Ditendang dan Dibuang, Wamenag: Tidak Terpuji

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi menyesalkan tindakan seorang pria yang menendang dan membuang sesajen di Gunung Semeru, Jawa Timur. Zainut menilai tindakan tersebut menunjukkan tumpulnya rasa kesadaran keberagamaan dalam masyarakat yang majemuk. 

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

"Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya dan agama," kata Zainut di Jakarta, Kamis, 13 Januati 2022. 

Dia menekankan dengan kemajemukan tersebut menuntut adanya sikap toleransi. Kata dia, sikap toleransi merupakan sikap yang menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan serta keyakinan. 

Wamenag Prediksi Lebaran 2024 Jatuh pada Besok, Begini Penjelasannya

"Apa pun alasannya menendang sesajen itu satu bentuk tindakan yang tidak terpuji," jelas politikus PPP tersebut.

Viral Pria Pengajian Tendang 2 Sesajen Penolak Bencana

Photo :
  • Instagram@ndorobei.official
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
 

Zainut menambahkan bahwa Islam melarang umatnya mencela apalagi menistakan agama lain. Hal ini termasuk melakukan tindakan-tindakan yang menjurus terhadap penghinaan terhadap agama lain. 

"Kita harus bisa saling menghormati perbedaan yang ada. Kita tidak bisa memaksakan semua orang memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama," ujarnya. 

Pun, dia menjelaskan, Islam mengajarkan dakwah dengan cara yang baik. Begitu juga mencegah kemungkaran harus dilakukan dengan cara yang baik. Tidak boleh dengan cara yang mungkar. 

Kemudian, ia mengapresiasi langkah kepolisian yang cepat bergerak untuk menangkap yang bersangkutan agar mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama," katanya. 

Sebelumnya, viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang pria mendekat ke suatu area yang terdapat sesajen. Dari video itu, terlihat sesajen itu diletakkan di atas tanah. Tampak terdapat dua sesajen yaitu buah dan nasi dengan wadah masing-masing.

Pria tersebut dengan lantang berkata "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," kata pria tersebut dalam video.

Setelah itu, pria itu langsung bergerak untuk membuang sesajen buah. Pun, wadah sesajen berisi nasi ditendangnya hingga terjatuh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya