Bahagianya Mama di Papua Dapat Ilmu Baru dari Anggota Kostrad

Aksi anggota Kostrad kenalkan donat kentang ke mama di Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Donat kentang bagi warga Jakarta pasti sudah familiar, tapi beda di Papua. Warga Malagay, Lanny Jaya, Papua bahkan baru mengetahui jika kentang bisa diolah menjadi donat. Bukan hanya kentang, umbi-umbi lainnya pun bisa dijadikan makanan ringan menjadi keripik. 

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Bermula dari ide kreatif Wadan Pos kami Letda Inf M. Tauhid, bagian dari Satgas Yonif MR 412 Kostrad yang mau bantu kesulitan ekonomi warga sekitar, muncullah gagasan tersebut. Alhasil olahan makanan ini pun punya nilai ekonomi yang tinggi, sehingga ekonomi warga ke depan bisa terbantu. 

Bermarkas di Pos Malagay, Satgas Yonif MR 412 Kostrad mewujudkan ekonomi kreatif masyarakat dengan memberikan kegiatan pelatihan terhadap masyarakat khususnya Mama Mama dan adik adik perempuan dalam membuat makanan olahan berbahan baku ubi dan kentang menjadi kripik, timus dan donat.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Aksi anggota Kostrad kenalkan donat kentang ke mama di Papua

Photo :
  • Istimewa

Mama Mama dan adik adik perempuan dengan suasana riang gembira dan antusias belajar bersama dengan anggota Satgas  membuat kripik, timus dan donat. Bahan baku yang mudah didapat dari kebun sendiri dan teknik pembuatan yang cukup sederhana menjadi modal awal motivasi warga dalam belajar membuat makanan olahan yang pada praktiknya begitu membantu dan punya potensi menambah penghasilan warga.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

"Wadan Pos kami Letda Inf M. Tauhid, S.Tr.Han selaku pencetus ide kreatif tersebut bersama sama anggota lainnya menjadi pendamping warga yang sedang belajar membuat makanan olahan dan sekaligus memberikan solusi pemasaran hasil makanan olahan tersebut, sehingga hasil akhir yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga bisa terwujud, “ kata Kapten Inf Zulfahmi Khaidir Depari, Danpos Malagay dalam keterangannya, Kamis, 13 Januari 2022.

Perwira Lulusan Akmil 2013 tersebut juga mengungkap kegiatan ini adalah wujud nyata TNI dalam membantu ekonomi warga Papua. Salah satu perempuan yang ikut dalam pelatihan, Mama Winna Kiwo mengatakan begitu senang dengan kegiatan Satgas Yonif MR 412 Kostrad.

“Kita baru tahu kalau ternyata donat yang biasa dibeli di Kota bisa dibuat dengan bahan Kentang seperti ini dan caranya juga mudah, terima kasih buat adik-adik Anggota Pos sudah mengajarkan Mama-Mama disini membuat kripik, timus dan donat, nanti kita akan buat di rumah dan dijual di sekolahan atau pasar disekitar sini," ungkap Winna Kiwo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya