Kerjasama BRIN dan ANRI: Penyelamatan Arsip Imiah Nasional

Bangun Sinergi, BRIN dan ANRI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menjalin kerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di bidang riset dan inovasi. Tujuannya agar bisa menyumbangkan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan kearsipan yang bermanfaat untuk publik.

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Momen kerja sama itu diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko pada Kamis, 13 Januari 2022.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan kerja sama ini sebagai ikhtiar pihaknya dalam komitmen menjaga keselamatan dan keamanan arsip negara. Begitu pun untuk penyelamatan arsip ilmiah nasional seperti data primer ilmiah, serta manuskrip sejarah. 

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

"Kami juga memiliki arsip yang berpotensi memiliki nilai guna pertanggungjawaban nasional. Kami juga berencana untuk menyerahkan arsip khususnya terkait riset," kata Handoko dikutip dari keterangan resminya.

Menurutnya, dengan menyerahkan salinan autentik arsip maka diharapkan arsip tersebut bisa terjaga. "Dapat terjaga keutuhan dan keselamatannya di tangan lembaga yang profesional yaitu di ANRI," jelas Handoko.

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Sementara, Kepala ANRI Imam Gunarto mendukung langkah BRIN dalam upaya sinergisitas antar lembaga untuk penyelenggaraan kearsipan. Ia mengapresiasi BRIN yang sudah siap dari aspek sumber daya manusia (SDM), sistem kearsipan, kajian kebijakan, hingga riset dan Inovasi.

Dia bilang kerja sama ini diharapkan bisa memperkuat dunia kearsipan lewat proses riset dan inovasi. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Arahan bapak Presiden Jokowi yaitu menjadikan Indonesia sebagai rujukan dan referensi kearsipan dunia yaitu menjadikan Indonesia sebagai rujukan dan referensi kearsipan dunia," ujar Imam.

Pun, Imam mengatakan, komitmen yang diberikan BRIN sebagai ikhtiar menyelamatkan arsip. Bagi dia, langkah BRIN sudah benar.

Ia menekankan memang perlu komitmen untuk menyelamatkan arsip yang punya nilai guna pertanggungjawaban nasional.

Momen kerja sama ini juga disempatkan pula penandatanganan Deklarasi Komitmen Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya