Lewat Sungai, Karolin dan Danlantamal Tinjau Vaksinasi Desa Terpencil

Bupati Landak Karolin & Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Demi mempercepat vaksinasi COVID-19 ke warga terpencil, Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, menyusuri pesisir sungai.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Karolin dan Brigjen TNI Andi Rukman mendatangi warga yang melakukan vaksinasi COVID-19 di daerah terpencil di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Di sana, terdapat 276 orang, tepatnya di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Untuk mengakses daerah ini, melalui jalur darat terbilang susah. Sehingga Karolin dan Danlantamal Andi Rukman menyusuri sungai menuju desa tersebut.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

“Kami bersama Lantamal XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII menyisir masyarakat yang ada di pedalaman agar dapat memperoleh vaksinasi COVID-19 dosis pertama,” kata Karolin, dalam keterangannya, Kamis 13 Januari 2022.

Dijelaskan oleh Karolin, pemerintah mengharuskan agar setiap daerah melakukan vaksinasi minimal 70 persen terutama untuk dosis pertama. Sehingga bisa dilanjutkan untuk dosis kedua dan booster.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

“(Vaksinasi) Ini dilakukan dalam rangka usaha pemerintah untuk mengurangi COVID-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak. Karena dampak COVID-19 ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa bersekolah dan COVID-19 berdampak pada situasi ekonomi. Oleh karena itu saya harapkan masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah agar kita bisa kerja, bisa kembali bersekolah seperti biasa,” jelas Karolin.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI sebagai kabupaten terbaik untuk tes, lacak dan isolasi tingkat kabupaten/kota dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

Atas capaian itu, Bupati Karolin bersyukur karena apa yang dicapai tersebut adalah berkat kerja keras dari semua pihak.

"Kita bersyukur karena usaha kita dalam melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Landak membuahkan hasil dengan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI," kata Karolin.

Untuk itu, Karolin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang. Apakah itu tenaga kesehatan di Kabupaten Landak, TNI/Polri dan jajaran pemerintahan di kecamatan dan desa. 

"Kami menjadikan tes, lacak dan isolasi dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 ini sebagai prioritas utama selama masa pandemi agar masyarakat tidak banyak yang terpapar COVID-19. Bahkan, sampai sekarang saya meminta Dinas Kesehatan Landak dan jajaran di tingkat puskesmas dan pustu beserta pihak terkait lainnya untuk melaksanakan penelusuran dan tes COVID-19 dalam menyikapi setiap perubahan zonasi risiko di Kabupaten Landak," tuturnya.

Dalam peninjauan tersebut, juga diresmikan Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak. Sementara juga diserahkan bantuan listrik tenaga surya dari Komandan Lantamal XII Pontianak kepada masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya