Resmikan Bendungan Bintang Bano, Jokowi Target 57 Waduk Rampung 2024

Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Bintang Bano, NTB.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano, di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 14 Januari 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Bendungan Bintang Bano ini merupakan bendungan ke-29 yang diresmikan sejak 2015 lalu. Jokowi menargetkan sampai akhir masa kepemimpinannya, yakni di 2024 akan ada 57 bendungan dibangun di seluruh Indonesia

"Insya Allah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia," kata Jokowi, Jumat, 14 Januari 2021.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tiba di Sumbawa Barat NTB

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Mantan Gubernur DKI itu mengungkapkan alasannya mengapa saat ini dia memperbanyak pembangunan bendungan. Salah satu alasannya yakni untuk mencapai kedaulatan pangan.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Kedaulatan pangan itu hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ini ada air. Kuncinya ada air, dan air itu ada kalau kita memiliki bendungan yang sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu kenapa bendungan-bendungan ini kita bangun," kata Jokowi

Jokowi mengatakan, pembangunan Bendungan Bintang Bano ini dimulai sejak 2015. Anggaran yang dihabiskan yakni mencapai Rp1,44 triliun.

"Bendungan ini adalah satu dari enam bendungan yang dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua bendungan yang telah kita resmikan yaitu Bendungan Tanju dan Bendungan Mila yang telah kita resmikan di 2018," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, "Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah yang kering di Provinsi NTB.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya