Panglima TNI Jenderal Andika Bocorkan Isi Pertemuan dengan Jaksa Agung

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu Jaksa Agung
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin hari ini, Jumat 14 Januari 2022. Pertemuan ini diklaim untuk memperkuat sinergitas. Menurut Andika, salah satu pokok pertemuan hari ini yaitu guna membuat kedua institusi saling memahami. Andika mengatakan siap mendukung Kejaksaan Agung.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

"Kedatangan saya pagi ini kan juga dalam rangka untuk membuat dua institusi ini saling memahami. Jadi saya berikan statement kepada Pak Jaksa Agung bahwa kita siap mendukung," ujar dia di Kejagung, Jumat 14 Januari 2022.

Dia mengaku pihaknya mendukung penuh kewenangan Jaksa Agung berkaitan dengan TNI. Misalnya dalam pengusutan kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang berat. Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) saat ini diketahui tengah menyidik kasus dugaan pelanggaran HAM berat Peristiwa Paniai 2014 lalu.

Kementerian PPPA Fasilitasi Tes DNA Kasus Hubungan Sedarah Kakak-Adik di Bengkulu

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Penyidikan dimulai sejak Desember 2021. Bukan cuma perkara HAM berat, pihaknya mengaku mendukung proses penanganan perkara koneksitas yang sedang berlangsung. Sejak 2021, Kejagung memiliki Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (JAM-Pidmil).

Ini Ciri-ciri Presenter Inisial C yang Jadi MC di Penyerahan Jet Pribadi Harvey Moeis

"Kita all-out mendukung, termasuk beberapa proses hukum koneksitas yang sedang berlangsung, kita all out. Jadi Pak Jaksa Agung yakin bahwa kami akan mendukung penuh apapun yang beliau minta," kata dia.

Di sisi lain, Burhanuddin mengklaim banyak perkara koneksitas yang  diselesaikan di persidangan. Sejauh ini disebut ada 2.700 lebih perkara koneksitas yang melibatkan sipil dan militer. 

"Kita akan bertahap dan tentunya ada sejalan prioritas dan akan terur bergulir. Dan insya Allah akan selesaikan tunggakan itu," kata Burhanuddin menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya