JoMan Dukung Erick Thohir dan Kejagung Bongkar Dugaan Korupsi Garuda

Erick Thohir Datangi Kejagung Laporan Garuda
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dewan Pimpinan Pusat Jokowi Mania (DPP JoMan) mengapresiasi langkah Menteri BUMN, Erick Thohir yang mengadukan langsung dugaan tindak pidana korupsi di Garuda Indonesia hasil temuan BPKP ke Kejaksaan Agung (Kejagung), pada Selasa, 11 Januari 2022.

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

"Langkah tersebut merupakan tepat dan bijaksana dalam rangka menciptakan good governace atau bersih-bersih korupsi dari BUMN,” kata Sekretaris Jenderal DPP JOMAN, Akhmad Gojali Harahap di Jakarta pada Jumat, 14 Januari 2022.

Menurut dia, Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia yang harus disehatkan dan diselamatkan. Sebab, saat ini nasib Garuda Indonesia ‘sekarat’ sehingga perlu diselamatkan dari dugaan praktik korupsi.

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

"Kami support dan kami dukung Kejaksaan Agung  untuk mengusut tuntas seluruh praktek korupsi di Garuda Indonesia,” jelas dia.

Oleh karena itu, Gojali meminta Kejaksaan Agung jangan ragu untuk mengurai dan menangkap para koruptor yang ada di Garuda Indonesia. Supaya, masyarakat percaya kepada Korps Adhyaksa yang dipimpin Jaksa Agung ST Burhanuddin. Sebab, kejaksaan telah mengungkap kasus dugaan korupsi besar seperti PT. Jiwasraya dan PT. Asabri.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

“Kami akan memberikan perhatian khusus dan siap monitor dugaan kasus korupsi Garuda Indonesia untuk kebaikan dan keberlangsungan Garuda Indonesia. Periksa semua lini. Kejaksaan Agung jangan ragu, rakyat bersamamu. Jika korupsi, tangkap dan penjarakan serta sita hartanya untuk dikembalikan ke Garuda,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyambangi Kejaksaan Agung guna melaporkan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di tubuh PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). 

Dia menjelaskan, dalam upaya restrukturisasi yang tengah dilakukan oleh Garuda Indonesia, Kementerian BUMN nyatanya menemukan sejumlah bukti awal dan dugaan yang mengarah pada tindak korupsi. 

"Garuda ini kan sedang tahap restrukturisasi. Tetapi kita sudah ketahui juga secara data-data valid, memang dalam proses pengadaan pesawat terbarunya, leasing-nya, itu ada indikasi korupsi," kata Erick dalam telekonferensi di Kejaksaan Agung pada Selasa, 11 Januari 2022.

Menanggapi hal tersebut, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan dengan tegas dirinya sangat mendukung manuver Menteri BUMN Erick Thohir untuk membuat ‘bersih’ PT Garuda Indonesia dari tindak pidana korupsi.

"Ini adalah utamanya dalam rangka kami mendukung kementerian BUMN dalam rangka bersih-bersih. BUMN yang bersih akan lebih baik dan tentunya di bawah kepemimpinan Pak Erick sudah dilakukan,” ujar Burhanuddin.

Baca juga: Datangi Kejaksaan Agung, Erick Thohir Bawa Bukti Awal Korupsi Garuda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya