Tolak Laporkan Balik Dosen UNJ, Gibran: Saya Tidak Mencuri

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Beri Penjelasan Soal Dilaporkan ke KPK
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka megimbau agar pendukung Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Relawan Jokowi Mania (Joman) mengurungkan niatnya untuk melaporkan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, ke Polda Metro Jaya.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Rasah tekne ae rak bosen (tidak usah biarkan saja lama-lama bosan),” kata Gibran saat ditemui usai meninjau kegiatan vaksinasi booster di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solo, Jumat, 14 Januari 2022.

Pernyataan Gibran tersebut menjawab pertanyaan mengenai dosen UNJ yang juga mantan aktivis 98 Ubedilah Badrun yang melaporkan dua anak Presiden Jokowi, Gibran dan Kaesang ke KPK. Laporan itu terkait dugaan tindak pidana korupsi dan atau tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Dugaan Adanya Dosen jadi Joki Mahasiswa S2, FISIP Untan Bikin Tim Investigasi

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Baca juga: Profil Ubedilah Badrun, Sosok yang Laporkan Dua Anak Jokowi ke KPK

Momen Penuh Tawa Prabowo dan Gibran di Acara Halal Bihalal Sekeluarga

Gara-gara laporan itu pengacara Ketua Umum Relawan Joman Immanuel Ebenezer, Bambang Sri Pujo mengatakan Ubedilah diduga menyebarkan kabar bohong terkait laporannya ke KPK soal kasus dugaan korupsi tersebut.

Gibran mengaku bahwa pemberitaan soal tuduhan dirinya dan adiknya yang dilaporkan ke KPK, juga sudah sepi. Apalagi dalam laporan itu juga tidak disertai bukti yang kuat atas tuduhan yang dialamatkan kepada dirinya dan Kaesang.

“Berita yo wis sepi. Lha raono (tidak ada) bukti, lapor raono buktine (lapor tidak disertai bukti),” ujarnya.

Gibran juga tidak ada niat untuk melaporkan balik dosen tersebut. Bahkan, seandainya tuduhan itu tidak terbukti, ia juga tidak akan melaporkan dosen itu meskipun hal itu termasuk pencemaran nama baik terhadap dirinya. 

Enggan Ladeni, Pilih Fokus Bekerja

Meski dilaporkan, ayah dua anak itu lebih memilih untuk fokus menjalankan tugas dan pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo. Daripada meladeni pelaporan tersebut.

Rasah lah. Fokus nyambut gawe (bekerja). Saya tidak merasa tercemar. Lha nek aku nyolong (kalau aku mencuri) tercemar, lha aku ora nyolong (aku tidak mencuri) kok,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya