8 Sejarah Gempa di Selat Sunda, Ada yang Sampai Tsunami 30 Meter

Rumah rusak akibat gempa di Sumur, Banten.
Rumah rusak akibat gempa di Sumur, Banten.
Sumber :
  • Dok. Polsek Sumur

VIVA – Badan Meteorologi Klimarologi dan Geofisika (BMKG) mencatatat sejarah kejadian gempa bumi yang terjadi di wilayah Selat Sunda. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat jumpa pres melalui virtual di Jakarta, Jumat, 14 Januari 2022. Kata dia, telah terjadi gempa bumi di wilayah Sumur Banten dengan kekuatan 6,6 Magnitudo, pada pukul 16.05 WIB.

Kata dia, pisenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandenglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km. 

BMKG umumkan gempa di Banten yang terasa hingga Jakarta

BMKG umumkan gempa di Banten yang terasa hingga Jakarta

Photo :
  • BMKG

Untuk itu, kepada masyarakat di lokasi terdampak diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," kata Dwikorita.

Sejarah gempa tsunami Selat sunda: