Data Sementara Gempa Banten: 17 Kecamatan di Pandeglang Terdampak

Rumah rusak akibat gempa di Sumur, Banten.
Sumber :
  • Dok. Polsek Sumur

VIVA – Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten berdampak pada 17 kecamatan. Berbagai fasilitas dan rumah rusak. Namun belum bisa dipastikan berapa jumlahnya, karena masih dilakukan pendataan.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

"Kalau jumlahnya (kerusakan) belum ada," kata Girgi Jantoro, Kalak BPBD Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat 14 Januari 2022.

BMKG umumkan gempa di Banten yang terasa hingga Jakarta

Photo :
  • BMKG
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja

Berdasarkan data sementara, kecamatan yang terdampak gempa yakni Cimanggu, Cikeusik, Cibaliung, Panimbang, Carita, Sukaresmi, Pagelaran, Sumur, Cigeulis, Mandalawangi, Patia, Angsana, Munjul, Sindangresmi, Jiput, Saketi dan Bojong. 

"Ada sekolah, MTs, MAN 4, SDN 3, Puskesmas dan rumah. Betul (masih pendataan)," jelasnya.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

Sebelumnya diberitakan gempa mengguncang Banten pada Jumat sore, 14 Januari 2022 sekitar pukul 16.05 wib. Lokasi gempa berada di lintang 7.01 LS - 105.26 BT, atau 52 kilometer barat daya Sumur dan 197 kilometer barat daya Jakarta. Gempa itu berada di kedalaman 10 km.

Saat gempa terjadi, warga di Sumur, Kabupaten Pandeglang maupun Kota Cilegon, berhamburan keluar rumah dan kantor untuk menyelamatkan diri. Di Sumur, warga sempat mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

Sedangkan di Kota Cilegon, Banten, karyawan dari PT Dover Chemical dan warga berdiri dipinggir jalan Cikuasa Bawah dan menunggu kondisi aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya