Listrik dan Jaringan Seluler Sempat Padam Usai Gempa Banten

Rumah rusak akibat gempa di Sumur, Banten.
Sumber :
  • Dok. Polsek Sumur

VIVA – Listrik sempat padam di Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, usai gempa mengguncang wilayah tersebut, sekitar pukul 16.00 WIB. Listrik kembali menyala sekitar pukul 20.00 WIB.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tak hanya listrik, jaringan seluler juga sempat hilang selama listrik padam. Komunikasi handphone kembali normal saat listrik menyala.

"Kalau listrik baru nyala. Karena kalau di sini mati lampu, itu sinyal langsung hilang. Mati lampu dari tadi sore jam 16.00 WIB, pokoknya pas gempa langsung mati lampu," kata Kepala Desa (Kades) Tamanjaya, Ade Sutoni, melalui selulernya, Jumat 14 Januari 2022.

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Petugas PLN.

Photo :
  • Dokumentasi PLN.

Ade Sutoni menerangkan kondisi cuaca di desanya dalam kondisi baik, air laut tenang dan ketinggiannya pun normal.

Pastikan Pelayanan Arus Balik, PLN Bersama Itjen Kementerian ESDM Cek Kesiapan SPKLU Wilayah Banten

"Kalau cuaca sih sangat bagus, mendukung. Pokoknya laut tenang, angin sepoi-sepoi," ujarnya.

PLN menyatakan ada gangguan kelistrikan bagi 21.490 pelanggannya dan baru dipulihkan sebanyak 11.196 pelanggan. Gangguan itu dipastikan efek dari guncangan gempa berkekuatan magnitudo 6,7. PLN sedang melakukan pengecekan ke 296 gardu distribusi.

Manager PLN UP3 Banten Selatan, Irwanto menerangkan, akibat gempa tersebut berimbas pada 3 penyulang kelistrikan di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan dan ULP Malingping.

"PLN gerak cepat untuk bisa memulihkan sistem kelistrikan khususnya di dua wilayah tersebut. PLN menurunkan tim recovery, untuk memastikan besar dampak dan melakukan pemulihan," kata Manager PLN UP3 Banten Selatan, Irwanto, Jumat 14 Januari 2022.

Perusahaan listrik negara meminta masyarakat melapor melalui PLN Mobile atau menghubungi contact center PLN 123, jika mengalami gangguan kelistrikan agar segera ditangani.

"Kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya