Kapal Pengangkut Belasan Kendaraan Tenggelam di Sungai Kayan Bulungan

Kapal Motor 21 yang mengangkut barang tenggelam di Sungai Kayan, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bulungan, Kalimantan Utara, pada Jumat siang, 14 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kapal Motor 21 yang sedang mengangkut kendaraan tenggelam di Sungai Kayan, Desa Salimbatu Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bulungan, Kalimantan Utara, pada Jumat siang, 14 Januari 2022.

Bakal Aliri Listrik ke IKN, Pembangunan PLTA Kayan Malah akan Ditinjau Ulang

Kapal ini sedang mengangkut 2 kendaraan roda empat, 8 kendaraan roda dua, suku cadang dan sembako.

"Kapal ini (KM 21) menabrak bangkai kapal besi, sehingga bodi kapal bocor dan hampir tenggelam," kata Kepala Pelaksana Harian (Plh) Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Tanjung Selor, Mulyono saat dihubungi di Tarakan, Jumat.

10 Tahun Tak Kunjung Dibangun, Bupati Evaluasi Izin PLTA Kayan

Dia mengatakan KM 21 berangkat dari Tanjung Selor dari pelabuhan Kayan VI menuju Tarakan pada Kamis malam dengan nakhoda kapal Widi Jasmika.

Ilustrasi pencarian korban oleh tim Basarnas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Kapal itu melewati alur yang selama ini tidak dilewati kapal lain, karena sering kandas. Beberapa nakhoda kapal tidak mengetahui bahwa lokasi itu ada bangkai kapal yang tenggelam pada tahun 1983.

"Tidak tahu kenapa kejadiannya kapal ini menabrak kapal karam tersebut, sehingga kapal bocor dan tenggelam di alur itu," kata Mulyono.

Proses evakuasi pun terus berjalan. Muatan yang ada di KM 21 sebagian besar telah dipindahkan ke kapal lain yang datang membantu evakuasi. Ada dua kapal yang datang membantu mengapit kanan kiri bodi KM 21 ini.

Dia menjelaskan bahwa teknik yang dilakukan dalam mengevakuasi kapal kayu ini memakai drum kosong. Selain mencegah kapal makin tenggelam juga bisa digunakan untuk mengangkat kapal sembari mencari cara dan alat yang tepat.

“Ini pakai drum sebagai penahan, beruntung dari insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian material saja,” kata Mulyono. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya