Pekan Depan, DPR Gelar Rapat Bahas Jadwal Pemilu 2024

Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA - Komisi II DPR berencana menggelar rapat kerja bersama stakeholder terkait untuk memutuskan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 pada pekan depan.

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia kepada awak media di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

"Minggu depan kita akan raker untuk putuskan jadwal dan tahapan pemilu (2024)," kata Doli.

Baca juga: Bahlil Gaungkan Pemilu 2024 Ditunda, DPR: Fokus Saja Urus Investasi

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

Tak Berkaitan dengan Kepengurusan KPU-Bawaslu

Doli memastikan raker dengan agenda pembahasan pelaksanaan pemilu ini tidak berkaitan dengan pengesahan kepengurusan KPU-Bawaslu yang baru.

"Gak ada hubunganya dengan KPU-Bawaslu yang baru atau lama. Intinya seperti yang saya katakan bahwa kan sebelum ini kami sudah meminta kepada pemeritnah untuk melakukan konsolidiasi bersama penyelenggara, karena pada waktu itu antara Mei dan Februari, kemudian di antaranya penyelenggara seperti itu. Sekarang waktunya sudah cukup melakukan konsolidiasi makanya kami gelar rapat kerja (Raker) minggu depan untuk menetapkan jadwal dan tahapan Pemilu," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Dorong Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Doli menegaskan bahwa pihaknya sejak awal mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai jadwal, dalam hal ini bila sudah ada kesepakatan antara pemerintah dan penyelenggara pemilu.

"Dua elemen ini yang penting, satu yang menyelenggarakan secara teknis, yang satu yang nyiapin anggarannya. Jadi, kalau dua kompenen ini setuju kita dorong," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya