Pemerintah Tetap Siapkan Penyelenggaraan Haji 2022, Ini 3 Skenarionya

Menag, Gus Yaqut
Sumber :
  • Humas

VIVA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan tiga opsi skenario dalam penyelenggaraan ibadah haji pada 1443 H atau tahun 2022. Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda saat saat ini

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Yaqut mengatakan, opsi tersebut tetap dipersiapkan Pemerintah Indonesia, meskipun Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian jadwal penyelenggaraan ibadah Haji 2022.

"Mengingat sampai saat ini penanganan COVID-19 belum berakhir yang ditandai dengan munculnya (varian) Omicron, maka pemerintah melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji dengan mengambil 3 opsi," kata Yaqut dalam raker dengan Komisi VIII DPR bersama Kemenkes dan Kemenhub di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022. 

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Yaqut menejelaskan, tiga opsi yakni penyelenggaraan ibadah haji dengan kuota jemaah penuh, penyelenggaraan haji dengan kuota jemaah terbatas dan tidak memberangkatkan jemaah haji di tahun 2022.

Asrama Haji Pondok Gede Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

“(Tetapi) Pemerintah sampai saat ini tetap bekerja untuk menyiapkan opsi pertama dengan kuota penuh," kata Yaqut.

Yaqut lebih jauh mengatakan, apabila penyelenggaraan ibadah haji resmi dijadwalkan, maka Pemerintah akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020. Pemerintah juga akan menyiapkan pedoman transportasi udara. 

"Kami sudah membentuk tim penyediaan akomodasi konsumsi dan transportasi bagi jemaah haji di Arab Saudi, saat ini, kami sedang melakukan proses administrasi untuk keberangkatan tim tersebut," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya