Bharatu Bachtiar Ditembak KKB Kiwirok Papua, Begini Kondisinya

Bharatu Bachtiar dievakuasi ke Jayapura pasca tertembak KKB di Kiwirok
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Aparat keamanan TNI-Polri terus melakukan penjagaan di titik rawan dan pintu masuk Kelompok Kriminal Bersenjata di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pasca tertembaknya Bharatu Bachtiar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin, 17 Januari 2022.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan saat ini Bharatu Bachtiar telah dievakuasi ke RS Bhayangkara Jayapura untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Kontak tembak antara Satgas Tindak Nemangkawi (Belukar) dengan Kelompok Kriminal Bersenjata Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alipki Taplo pagi tadi, saat piket Siaga melaksankan pemantauan situasi di seputaran Pos Belukar Kiwirok," kata Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. 

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Ia mengatakan, pada saat kontak tembak, cuaca sedang terjadi kabut yang sangat tebal, sehingga anggota kesulitan melihat arah tembakan. "Tiba-tiba sekira pkl 06.50 WIT dari arah sebelah kiri pos terjadi tembakan ke arah Pos Belukar yang menyerempet punggung dari Bharatu Bachtiar," ujar Kamal.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan
Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Selanjutnya personil Satgas Tindak Nemangkawi yang berada di Pos Belukar membalas tembakan kearah tembakan dan terjadi kontak tembak.

Kamal mengatakan pelaku penembakan adalah KKB Kelompok Ngalum Kupel Pimpinan Lamek Alipki Toplo. Sementara itu, korban Bharatur Bachtiar, anggota Brimob Polri mengalami luka goresan akibat terserempet peluru.

"Bharatu Bachtiar dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura untuk dilakukan perawatan," kata Kamal.

Dalam peristiwa kontak senjata tersebut, Kamal menyebutkan tidak terdapat korban jiwa. Setelah kejadian, anggota Satgas Operasi Nemangkawi dari TNI-Polri melakukan siaga di Pos Belukar, dan melakukan penjagaan di titik rawan dan pintu masuk KKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya