Logo BBC

Iklan Jual rumah di Karimun Jawa untuk WNA, Akankah Warga Tersisih?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Iklan penjualan rumah di Pulau Karimun Jawa yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama PT Levels Hotels Indonesia atau "The Start Up Island" kepada warga negara asing (WNA) memicu polemik di media sosial.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BBC Indonesia melalui situs PT LHI, harga rumah di The Start Up Island dibandrol sebesar €49.500 atau Rp800 juta.

Sejauh ini, proyek The Start Up Island --yang diinisiasi oleh seorang warga negara Spanyol-- mengklaim telah menjual 170 rumah dalam kurun delapan bulan.

Permukiman tersebut masih dalam tahap pembangunan di atas lahan seluas 35.000 meter persegi, di pinggir pantai di Pulau Karimun Jawa.

Pembicaraan terkait hal ini diunggah oleh Lorraine Riva melalui akun Twitter-nya, @yoyen, pada Jumat lalu. Lewat cuitan itu, Lorraine mengatakan iklan berbahasa Inggris tentang penjualan rumah itu muncul pada lini masa akun Facebook miliknya.

Iklan itu menawarkan target pasarnya membeli residensial premium di "pulau surgawi di Indonesia", yang dilengkapi dengan akses langsung ke pantai, beach club, gym, dan sejumlah fasilitas mewah lainnya.

https://twitter.com/yoyen/status/1481978769355198465?s=20

Sejumlah pengguna Twitter mengkhawatirkan kehadiran residensial mewah itu akan memicu "gentrifikasi" dan membuat warga lokal "menjadi tamu di tanahnya sendiri".