Unggahan Salah Jokowi tentang Sirkuit Mandalika Dikritik Roy Suryo

Tangkapan layar (screenshot) unggahan Presiden Joko Widodo dalam akun Twitter-nya tentang sirkuit MotoGP di Mandalika dan destinasi wisata lainnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Unggahan video Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Twitter mendapat sorotan masyarakat di media sosial. Sebabnya dalam video yang diunggah Jokowi itu, ilustrasi yang digunakan adalah salah satu sirkuit di Portugal, tetapi Jokowi mengklaim sirkuit itu sebagai sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Dalam video itu Jokowi juga menuliskan keterangan mengenai keindahan NTB. Pada video berdurasi 41 detik itu, ada ilustrasi Jokowi sedang mengendarai motor, kemudian background video diisi dengam ilustrasi yang salah satunya ilustrasi sebuah sirkuit.

Jokowi menuliskan sirkuit itu sebagai sirkuit di Mandalika. Namun ternyata ilustrasi sirkuit itu adalah salah satu sirkuit di Portugal.

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

"Lombok bukan hanya Mandalika, lokasi sirkuit balap kelas dunia. Siapa pun yang berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat, dan sebagainya," tulis akun Twitter @jokowi yang kini sudah dihapus dari lini masanya.

Hal ini kemudian turut disoroti oleh pakar telematika Roy Suryo. Mantan politikus Partai Demokrat mengaku heran mengapa sekelas Presiden bisa sampai salah menggunakan ilustrasi.

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

Roy menegaskan, ilustrasi yang dipakai Jokowi merupakan sirkuit Algarve, Portugal. Bukan sirkuit Mandalika, NTB.

"Waduh, Setelah Ferdinand "memindahkan" Lamongan JaTim ke JaTeng, Bodoman salah Taman Leang2 di SulSel ke SulTeng & dulu ada Menteri Klaim Jalan Toll LN, sekarang kok Presiden SALAH SIRKUIT ? Itu Gambar Sirkuit Algarve alias Portimao di PORTUGAL, bukan Mandalika NTB. AMBYAR TENAN," tulis Roy dalam akun Twitter-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya