Tren Kasus COVID-19 Naik, Jokowi Minta Masyarakat Tak Panik Berlebihan

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa saat ini kasus COVID-19 di Indonesia tengah mengalami kenaikan. Salah satu penyebabnya yaitu adanya varian Omicron yang tingkat penularannya sangat cepat.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

Meski begitu, Presiden tidak ingin masyarakat Indonesia panik ataupun khawatir berlebihan. Jokowi meminta agar masyarakat tetap waspada dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

"Saat ini kita sedang mengalami tren kenaikan kasus COVID-19 yang disebabkan oleh varian Omicron. Oleh sebab itu kita semua harus mewaspadai tren ini namun tidak perlu bereaksi berlebihan. Berhati-hati perlu, waspada perlu, tapi jangan menimbulkan ketakutan dan jangan menimbulkan kepanikan," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 18 Januari 2022.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Presiden Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun VIVA Network ke-13

Photo :
  • VIVA

Jokowi mengatakan, meski tingkat penularan varian Omicron ini cukup cepat, namun gejala yang dialami pasien yang terinfeksi varian ini lebih ringan. Pasien dapat sembuh dengan menjalani perawatan di rumah tanpa harus ke rumah sakit.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

"Berbagai studi termasuk laporan WHO menyebutkan varian Omicron memang lebih mudah menular namun gejalanya lebih ringan. Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih tanpa harus dirawat di rumah sakit," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat agar tidak jumawa dan tetap berhati-hati. Jika tidak memiliki kepentingan mendesak, diharapkan masyarakat menjauhi keramaian.

"Sekali lagi kita harus waspada. Jangan jumawa dan jangan gegabah. Oleh karena itu jika Bapak Ibu dan saudara-saudara sekalian tidak memiliki keperluan mendesak, sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya