Risma: Demi Allah, Saya Tidak Pernah Meminta Jabatan

Menteri Sosial Tri Rismaharini
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma mengaku tak pernah meminta jabatan apa pun meski disebut-sebut figur potensial sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

"Demi Allah, saya tidak pernah meminta jabatan karena berat pertanggungjawaban itu. Kenapa disumpah? Karena pertanggungjawabannya tidak hanya di dunia," ujar Risma di Jakarta, Selasa malam, 18 Januari 2022.

Risma tidak pernah menyangka akan menjadi wali kota Surabaya sebelum menduduki jabatan sekarang sebagai Menteri Sosial. Bahkan, hal itu tidak pernah terpikirkan olehnya.

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi Prabowo dengan Megawati

"Saya pernah debat di Mesir, di Al-Azhar, ada seseorang menyampaikan bahwa [jabatan] itu harus direbut; bagi saya, tidak. Kalau saya merebut itu kemudian saya tidak mampu, seperti apa? Itu saya tekankan pada saya," katanya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Petinggi Gerindra Sebut Amicus Curiae yang Diajukan Megawati Sudah Dipatahkan di MK

Risma mengenang saat pencalonan untuk pemilihan wali kota Surabaya. Dia sempat emosional hingga tidak berselera makan selama seminggu.

Risma juga mengaku tidak berani berharap atau berdoa untuk menduduki jabatan tertentu. Dia lantas beranggapan suatu jabatan adalah amanah atau titipan, bukan diminta.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya mengklaim bahwa partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri memiliki banyak kader yang siap didukung untuk pilkada DKI Jakarta. Nama Risma, katanya, sudah teruji saat menjabat wali kota Surabaya.

Hasto menyatakan daya kepemimpinan Risma memang pantas dijadikan contoh untuk membangun seluruh daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya