37 Siswa dan Guru MAN 2 Kota Malang Positif COVID-19

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang.
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Penyebaran COVID-19 di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang meluas. Setelah seorang siswa kelas XII dinyatakan positif COVID-19, mereka melakukan pelacakan pada siswa dengan kategori kontak erat.

Mulanya 8 siswa yang berada satu kelas dengan siswa pertama yang terpapar COVID-19 dinyatakan positif swab antigen. Dari 8 anak ini 6 siswa tinggal di mahad atau pondok yang disediakan oleh sekolah. Khawatir meluas tracing dan testing dilakukan oleh sekolah dan Dinas Kesehatan Kota Malang. 

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.

Photo :
  • Pixabay/neelam279

Kepala MAN 2 Kota Malang, M. Husnan mengatakan, swab antigen dilakukan secara massal pada 600 siswa dan siswi yang ada di sekolah. Hasilnya 37 siswa dan guru dinyatakan positif. Dengan rincian 3 guru, 28 siswa putri, dan siswa 6 putra. Semuanya positif swab antigen. 

"Total 37 orang, mereka langsung isolasi mandiri yang disiapkan sekolah di gedung PSBB. Di sana tersedia sekitar 35 kamar,” kata Husnan, Rabu, 19 Januari 2022. 

Saat ini 37 siswa dan guru yang positif menjalani isolasi mandiri di sekolahan. Para siswa tidak diperkenankan pulang ke rumah masing-masing, karena dikhawatirkan menyebabkan penyebaran virus pada anggota keluarga di rumah.

“Dinkes tidak memperbolehkan (pulang). Jadi mereka tetap isolasi di sekolah. Kami siap menyediakan segala kebutuhan logistik," ujar Husnan.