Polri Bikin Operasi Rasaka Cartenz, 23 Wilayah Papua Jadi Sasaran

Aparat Brimob patroli di kantor Pemkab Nduga, Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) Cartenz di Papua. Operasi ini akan digelar mulai Kamis, 3 Februari sampai 31 Desember 2022. 

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Rencananya, kegiatan operasi tersebut bakal digelar di 23 wilayah zona aman kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

"Operasi Rasaka ada di 23 wilayah Polres. Ada 1 Polres yang wilayah hukumnya dua kabupaten," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Jakarta pada Kamis, 20 Januari 2022.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Menurut dia, 23 wilayah Operasi Rasaka ini berbeda dengan lokasi Operasi Damai Cartenz yang lokasinya kerap terjadi kekerasan oleh teroris KKB, baik terhadap masyarakat sipil maupun aparat keamanan. Operasi Rasaka Cartenz ini digelar di wilayah yang tidak ada kekerasan teroris KKB.

“Kalau (Operasi Damai Cartenz) berdasarkan data banyaknya kasus kekerasan, yang 23 berarti tidak. Jadi, operasi ini dibedakan ya,” jelas dia.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Polisi melakukan pengamanan di Papua

Photo :
  • Banjir Ambarita (Papua)

Ramadhan melanjutkan, dalam operasi ini jumlah personelnya ada 495 personel dari Polda Papua dan Polres setempat. Namun, personel berbeda dengan Operasi Damai Cartenz yang melibatkan anggota TNI. Pun, waktu operasional antara Damai Cartenz dan Operasi Rasaza juga berbeda.

“Operasi ini berjalan sama-sama tentunya diwakili personel yang berbeda. Jadi, dua operasi ini digelar bersamaan bukan bergantian. Operasi Damai Cartenz dimulai 17 Januari hingga 31 Desember 2022. Sedangkan, Operasi Rasaka digelar pada 3 Februari sampai 31 Desember 2022,” ujarnya.

Namun, kata dia, Operasi Rasaka Cartenz di 23 wilayah Papua mengedepankan persuasif dan preventif. Operasi ini tidak melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum), melainkan hanya pembinaan masyarakat (binmas). 

"Intinya adalah dua-duanya (Damai dan Rasaka Cartenz) dalam rangka memelihara ketertiban masyarakat di wilayah Papua bentuknya pembinaan, termasuk pertanian kepada masyarakat," katanya.

Sementara, Ramadhan menambahkan sebaran 24 wilayah Operasi Rasaka yaitu Polres Jayapura Kota, Polres Jayawijaya, Polres Jayapura, Polres Mimika, Polres Nabire/Kabupaten Dogiyai, Polres Merauke, Polres Biak Numfor, Polres Kepulauan Yapen, Polres Keerom, Polres Waropen, Polres Paniai.

Polres Boven Digoel, Polres Mappi, Polres Sarmi, Polres Supiori, Polres Tolikara, Polres Asmat, Polres Lanny Jaya, Polres Mamberamo Raya, Polres Mamberamo Tengah, Polres Puncak Jaya, Polres Yalimo, dan Polres Deiyai. Masing-masing Polres mengerahkan 10 orang anggota, sisanya personel Polda Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya