Puluhan Pipa PDAM Ende Hanyut Banjir, Ribuan Warga Krisis Air Bersih

Banjir di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Sebanyak 37 batang pipa jaringan air bersih milik PDAM Ende, Nusa Tenggara Timur, hanyut terbawa banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi melanda daerah itu.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Direktur PDAM PT Tirta Kelimutu Yustinus Sani, dihubungi dari Kupang, Kamis, 20 Januari 2022, mengatakan bahwa akibat puluhan pipa jaringan air bersih itu terbawa banjir, kota Ende terancam mengalami krisis air bersih. "Puluhan pipa kita terbawa banjir sehingga ada sekitar empat ribuan pelanggan PDAM terancam krisis air bersih," katanya.

Ia mengatakan bahwa sejumlah pipa yang hanyut terbawa banjir itu adalah pipa bantuan dari pemerintah Hungaria atas kepedulian mereka dalam hal air bersih di daerah itu.

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

Kerugian akibat puluhan pipa tersebut terbawa arus banjir diperkirakan mencapai Rp500 juta dan nilai itu cukup besar. Selain pipa yang hanyut terbawa arus banjir, ada sarana pendukung lainnya ikut terbawa arus banjir.

Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo
Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Dengan adanya kerusakan itu, pelayanan air bersih akan dilayani oleh mobil tangki, khususnya di wilayah Roworeke. Dia mengakui, kerusakan jaringan pipa itu mengganggu distribusi air bersih di wilayah perkotaan Ende.

"Biasanya jadwal buka air itu dua hari sekali. Tetapi, karena ada kekurangan pipa tersebut, jadwal air jalan akan dilakukan 5-6 hari sekali," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk bersabar, karena PDAM akan berusaha memperbaiki secepatnya. Dia belum dapat memperkirakan waktu perbaikan karena menunggu cuaca di daerah itu stabil. "Apalagi, kerusakannya cukup parah, sehingga butuh waktu untuk perbaikan," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya