Jabatan Kepala Otorita IKN Dinilai Jadi Sosok Yang Tak Boleh Gagal

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

VIVA – Founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrii menilai Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur adalah proyek mercusuar Presiden Joko Widodo. Artinya, Jokowi tidak akan sembarangan menunjuk orang menjadi kepala otoritanya.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Menurutnya, siapa pun yang ditunjuk jadi kepala otorita IKN tak boleh gagal. Sosok itu pun diyakini menjadi yang dipersiapkannya untuk menggantikan Jokowi sebagai presiden.

"Merupakan kesempatan luar biasa tapi juga menanggung beban yang luar biasa, jadi tidak boleh gagal. Kalau gagal artinya tertutup kemungkinannya untuk memimpin negeri ini," kata Hendri Satrio dikutip dari keterangannya, Kamis, 20 Januari 2021.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Kepala Otorita IKN, menurut Hensat, sapaan akrabnya, jelas punya peluang besar untuk jadi capres 2024. Apalagi kalau menjawab kepercayaan Jokowi mempersiapkan IKN dengan sempurna maka Jokowi bisa jadi lebih memilih kepala otorita IKN itu meneruskan kepemimpinannya.

"Pak Jokowi pasti dukung tuh. Ini peluang emas. Jadi sekarang fokus saja bekerja. Kita lihat perkembangannya dalam dua tahun seperti apa," tambahnya.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jokowi pun disebut telah mengungkap kriteria calon pemimpin IKN Nusantara itu. Adalah sosok yang pernah menjadi kepala daerah berlatar arsitek. Tidak heran banyak publik yang beranggapan bahwa sosok itu adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Kalau salah satu kriterianya arsitek dan salah satu kepala daerah yang berlatar belakang arsitek kan Ridwan Kamil. Ini kan komposisi yang lengkap sebenarnya," ungkapnya.

"Artinya kalau memang Ridwan Kamil ditunjuk jadi kepala otorita IKN artinya Jokowi mempercayakan monumen mercusuarnya kepada RK sehingga daya tawar pencapresannya tinggi juga," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya