Soal Pelat Nomor Arteria Dahlan, Ombudsman: Berpotensi Maladministrasi

Pelat Nomor mobil Arteria Dahlan.
Pelat Nomor mobil Arteria Dahlan.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Ombudsman RI menduga ada maladministrasi yang dilakukan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam perkara pelat dinas polisi yang digunakan Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan.

“Ini ada potensi maladministrasi di kepolisian kalau terbukti memberikan register atas nama yang bersangkutan (Arteria Dahlan),” kata Ketua Ombudsman RI, Mokhamad Najih saat dikonfirmasi pada Jumat, 21 Januari 2022.

Menurut dia, harusnya pelat resmi dinas kepolisian itu tidak boleh digunakan oleh orang yang bertugas di luar Korps Bhayangkara maupun TNI dan sejenisnya. Sebab, pelat nomor khusus Polri dan TNI diberikan karena kekhususan sebagai dinas.

Baca juga: Seret Nama Kapolrestabes Medan, Bripka Rikardo: Aku Minta Maaf

“Perlu dicermati, penggunaan nomor kendaraan khusus Polri, TNI adalah nomor diberikan karena kekhususan sebagai dinas, sama seperti mobil pemerintah yang pelat merah. Tidak boleh digunakan orang yang tidak dinas di institusi tersebut baik Polri, TNI dan sejenisnya. Kecuali, nomor dinas khusus yang warna hitam,” jelas dia.

Oleh karena itu, kata Najih, dalam kasus pelat nomor Arteria ini perlu ditelusuri dan dipertanyakan lagi apakah yang bersangkutan menggunakan kendaraan punya inventaris Polri karena keperluan tertentu atau tidak.

“Menurut saya dalam hal ini tidak pada tempatnya, karena ini pelat nomor untuk kendaraan inventaris milik atau dinas kepolisian. Apalagi kalau digunakan lebih dari 1 kendaraan,” tandasnya.