Arteria Dahlan Punya 5 Nopol Sama, Wakil Ketua DPR: Mungkin Fasilitas

 Lodewijk Paulus
Lodewijk Paulus
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Wakil Ketua DPR, Lodewijk Paulus, ikut berkomentar soal mobil anggota DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang berpelat dinas Polri. Dia menduga Arteria Dahlan mendapat “fasilitas khusus” sehingga bisa menggunakan pelat mobil dengan nopol sama.

"Secara teknis saya tidak tahu (anggota DPR lain pakai pelat Polri). Karena biasanya itu hubungan pribadi ya, apalagi mereka Komisi III, mitra mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada komunikasi dengan Dirlantas untuk mendapatkan fasilitas itu," kata Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 21 Januari 2022.

Lodewijk lebih jauh menyebut, ada kemungkinan Arteria Dahlan mendapatkan pelat dinas polisi lantaran sebagai anggota Komisi III yang bermitra dengan kepolisian. Namun dia menegaskan hal itu menyangkut urusan pribadi di luar instansi.

"Dan mungkin itu fasilitasnya. Saya belum tahu persis fasilitas. Tapi saya pikir itu hubungan pribadi yang bersangkutan (Arteria) dengan aparat yang terkait dengan itu," ujarnya.

Kendati begitu Lodewijk menegaskan tidak ada keistimewaan yang diterima anggota DPR. Dia mengatakan DPR punya kewenangan mengatur fasilitas keanggotaan, kecuali di luar pribadi.

"Saya katakan itu bukan (keistimewaan anggota Komisi III), seharusnya kita punya hak yang sama dong, bukan karena Komisi III, katakan sayalah, saya sebagai (bidang) polhukam ya kan saya mengkoordinir Komisi I, II, III, Baleg, dan BKSAP, apakah itu ada? Itu pribadi saya pikir, tidak ada ya. DPR ini punya tata tertib yang mengatur itu manakala mungkin ada hal-hal seperti itu lebih pada konteks pribadi," imbuhnya.