Prajurit TNI Korban Serangan KST di Maybrat Dimakamkan di Kampungnya

Jenazah Sertu Anumerta Miskael Rumbiak, prajurit TNI korban serangan kelompok separatis teroris di Maybrat, dimakamkan di kampung halamannya di Friwen, Raja Ampat, Papua Barat, Jumat, 21 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Hans Arnold Kapisa

VIVA – Jenazah Sertu Anumerta Miskael Rumbiak, prajurit TNI korban aksi brutal kelompok separatis teroris (KST) di Maybrat, dimakamkan di tanah kelahirannya di Kampung Friwen Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Penghargaan kanaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang (Anumerta) diberikan kepada mendiang Miskael Rumbiak dari pangkat sersan dua (Serda) menjadi sersan satu (Sertu) diberikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.
 
Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Arm Hendra Pesireron mengatakan, pemakaman dilaksanakan melalui upacara militer dipimpin Komandan Kodim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots.
 
"Upacara militer pemakaman Sertu Miskael diiringi isak tangis keluarga dan ratusan warga Kampung Friwen yang turut berduka," ujar Hendra.
 
Miskael Rumbiak lahir di Yenbeser, Raja Ampat, pada 13 Mei 1999, merupakan putra keempat dari ayah Eliezer Rumbiak dan ibu Petrusina Sauyai. Miskael disebut merupakan salah satu putra terbaik asli Papua yang bergabung dengan TNI AD dengan penugasan terakhirnya di Yon Zipur 20/PPA Sorong.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Jenazah Sersan Dua TNI Miskel Rumbiak ditangisi oleh keluarganua dalam upacara militer pemakaman di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat, 21 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA/Ernes Broning Kakisina

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow
 
Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza
Komandan Kodim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots, selaku inspektur upacara dan mewakili TNI AD, mengungkapkan duka cita yang mendalam atas gugurnya salah satu prajurit asli Papua itu.

"Saya atas nama Negara dan TNI AD menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Sertu Miskael Rumbiak, mendiang adala patriot sejati, patriot pembela rakyat" katanya.
 
Dalam kesempatan itu, keluarga yang merupakan ahli waris, juga mendapat asuransi dan santunan dari Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Komandan Korem 181/PVT, Zipur 20/PPA, dan asuransi dari Asabri.
 
Miskael Rumbiak tewas dalam serangan kelompok separatis teroris saat melaksanakan tugas perbaikan salah satu jembatan di Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Kamis pagi. Tiga prajurit lainnya luka berat dan kini dirawat secara intensif. (ant)

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024